BOBOTOH BOGA REKOR ! | Jumlah penonton terbanyak

bobotohLoyalitas teu pernah diragukeun keur ngadukung tim . Kondisi ieu bisa ditingali tina pinuhna stadion satiap Maung Bandung tampil, teu hanya kandang, partai tandang pun lain kendala keur dalam memberikan dukungan langsung di stadion.

Final ISL 2014 lalu misalnya. Saat PERSIB menghadapi Persipura di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang tetap didatangi ku bobotoh meskipun harus melintasi Selat Sunda dan jarak nu sangat jauh. Bahkan, pada Divisi Utama Kompetisi Perserikatan 23 Februari taun 1985 antara PERSIB dan PSMS Medan mencatat rekor penonton terbanyak hingga saat ini. Pertandingan di Stadion Utama Senayan, Jakarta ini menghasilkan rekor jumlah penonton pertandingan sepak bola di dengan 150.000 penonton.

Seperti ditulis dalam buku PERSIB Undercover karya Aqwam Fiazmi dan Novan Herfiyana, suporter PERSIB dan PSMS rela berdesakan dalam ruang yang hanya berukuran 600×800 meter, terlebih kapasitas stadion terbesar di Indonesia ini hanya berkapasitas 120.000. Kejadian ini pun tercatat dalam buku ASEAN Footbal Club tahun 1987 sebagai pertandingan amatir dengan jumlah penonton terbanyak di dunia.

Namun, musim kompetisi 2015 kemarin, bobotoh hanya dapat menyaksikan dua pertandingan kandang dan kompetisi pun berhenti. Dua pertandingan musim kompetisi 2015 total penonton adalah 34.935 masing-masing, saat PERSIB menghadapi Semen Padang dan Pelita Bandung Raya (PBR).

“Bagi kita PERSIB itu jiwa raga kami. Kita berharap ini vakumnya sepakbola Indonesia sekarang hanya sementara. Harus diakui ini adalah tamparan keras buat semua insan sepakbola, termasuk Menpora dan PSSI,” kata Ketua Viking Persib Club (VPC), Heru Joko belum lama ini. (Bobotoh.id/HP/Persib.co.id)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.