SELAMAT JALAN BAPAK NINTENDO | Satoru Iwata seorang gamer sajati

1226100Wii-U-Iwata780x390Di suatu sore di bulan Mei 2002, Iwata dipanggil ka kantor bos Nintendo saat itu, Hiroshi Yamauchi. Hampir jam mereka berdiskusi. Yamauchi mengkuliahi Iwata dengan banyaknya tantangan yang dihadap Nintendo selama 50 tahun masa kepemimpinannya.

Yamauchi pun menjelaskan satu-satu apa saja tantangan itu, dan bagaimana cara ia mengatasinya. Ia juga menjelaskan panjang lebar bagaimana Nintendo nu awalnya hanya sebuah perusahaan pembuat kartu remi (playing card), bisa menjadi salah sahiji perusahaan hiburan besar di dunya.

Iwata mengira Yamauchi akan memecatnya ti perusahaan. Namun, niatan Yamauchi justru sebaliknya, ia ingin agar bahtera Nintendo dinahkodai olehnya. Iwata pun ditunjuk sebagai Presiden Nintendo nu anyar.

Iwata menjadi Presiden Nintendo pertama yang berasal dari luar garis keturunan Yamauchi, yang sejak tahun 1889 memimpin Nintendo.

“Penunjukan Iwata-san (sebagai Presiden Nintendo) adalah berdasar pada pengetahuan dan pemahamannya akan hardware dan software Nintendo,” ujar Yamauchi dalam sebuah konferensi pers yang digelar pada Agustus 2002.

Dalam kesempatan tersebut, Yamauchi sempat berujar bahwa ia ingin agar Nintendo melahirkan ide baru jeung membuat hardware berdasar pada ide tersebut. Tantangan itu pun dijawab oleh Iwata dengan melahirkan konsol Nintendo Wii dan konsol mobile Nintendo DS.

Kesuksesan Nintendo teu lepas ti kacintaan Iwata sebagai seorang gamer sejati sejak kecil, visi itulah nu dilihat oleh Yamauchi dalam diri Iwata, sehingga membuat Nintendo tetap bisa bertahan.

Di ajang Game Developer Conference 2005 lalu, kecintaan Iwata terhadap video game pun diungkapkannya dengan berkata, “Di kartu nama saya, saya seorang Corporate President. Di benak saya, saya seorang pengembang game. Namun di hati saya, saya seorang gamer.”

Namun di tengah kebangkitan itulah, Nintendo harus ditinggalkan pemimpinnya. Satoru Iwata nu mengidap kanker saluran empedu, diumumkan telah meninggal dunia pada Sabtu (11/7/2015) lalu dalam usia 55 tahun. (.id/HP/Kompas.com)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.