BERAWAL DARI “PENGUSIRAN” | Sejarah Etihad Stadium

etihad4Stadion Manchester City awalnya adalah Lapangan Gereja Saint Marks, kemudian berpindah ke Hyde Road di distrik Ardwick seiring dengan “pengusiran” mereka oleh pengusaha yang membeli tanah kosong dekat gereja tersebut. Hyde Road berkapasitas 40.000 kursi. Saat tribun utama hancur karena kebakaran yang terjadi pada tahun 1920, klub memutuskan untuk pindah ke stadion Maine Road.

Maine Road terletak di distrik Moss Side yang terletak di selatan kota Manchester. Maine Road berkapasitas 80.000 kursi namun pernah diduduki sampai 84.569 orang saat pertandingan perempat final Piala FA Manchester City kontra Stoke City. Sebuah rekor penonton di Inggris untuk klub sampai saat ini. Tetapi, pada tahun 2003 akhirnya Manchester City pindah ke stadion City of Manchester.

Stadion City Of Manchester berkapasitas 60.000 kursi. Stadion ini juga dipakai untuk cabang atletik karena dilengkapi arena lintasan lari dan lintasan atletik lainnya. Stadion ini pada tahun 2011 karena kepentingan sponsor diganti namanya menjadi Etihad Stadium merujuk sponsor utama klub Manchester City yakni Etihad Airways yang dimiliki oleh Shaikh Manshour orang kaya asal Uni Emirat Arab yang sekaligus juga pemilik saham utama Manchester City. (.id/ADW/sport.co.id)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.