BUKAAN GAS PENYEBAB STONER TERPELANTING | Honda geus minta maaf

caseyPenyebab jatuhnya Casey Stoner di balapan ketahanan Suzuka 8 Hours di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu kamari semakin jelas. Honda Racing Corporation mengmastikan bahwa penyebab utamana adalah masalah throttle (bukaan gas).

Dijelaskan bahwa throttle yang digunakan tidak memenuhi spesifikasi khusus untuk balap ketahanan, dan berbeda dari throttle standar yang dipakai pada Honda CBR1000RR versi jalanan. Alhasil, di tengah lomba malfungsi komponen ini tak dapat dihindari.

Pada pernyataan lain dijelaskan, beberapa jam setelah kejadian HRC mengecek berdasarkan data yang terekam pada komputer, bahwa throttle membuka dengan sendirinya 26 derajat. Ini yang membuat Stoner tak bisa mengendalikan kecepatan di tikungan dan terempas.

”Di tikungan sebelum jatuh, saya tidak punya waktu lagi menarik tuas kopling, sehingga saya harus jatuh dengan kecepatan berlebih. Saya mencoba menegakkan sepeda motor agar kecepatan berkurang, tapi sudah hampir menabrak dinding. Lalu saya putuskan untuk melepas sepeda motor dan membenturkan pada pembatas, ternyata lebih keras dari yang terlihat sehingga saya cedera,” kata Stoner.

Stoner membela tim Musashi RT Harc-Pro bersama Takumi Takahashi dan Michael van der Mark. Stoner yang turun sebagai pebalap kedua terjatuh ketika memimpin balapan yang memasuki jam kedua. Alhasil, harapan tim menyabet kemenangan tiga kali beruntun pupus. (.id/HP/Kompas.com)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.