DARI AWALNYA 80.000 SAMPAI KINI 35.000 | Sejarah Berdirinya Kanjuruhan

stadion_kanjuruhan_wiki-935732-idcms-1024x683Stadion Kanjuruhan merupakan salah satu venue sepakbola terbesar kedua di Jawa Timur setelah Gelora Bung Tomo Surabaya. Stadion ini direncanakan dibangun mulai tahun 1997 dengan biaya lebih 35miliar rupiah. Stadion ini sekarang mampu menampung lebih 35.000 penonton.

Stadion yang berlokasi di daerah Kepanjen tersebut diresmikan pada tahun 2004 oleh Presiden Megawati Sukarnoputri. Dalam peresmian tersebut digelar pertandingan ujicoba antara Arema Malang(Divisi I) melawan PSS Sleman(Divisi Utama) yang dilatih oleh Daniel Rukito.

Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah. Menurut Harian Surya dan Kompas keesokan harinya, jumlah penonton mencapai 80.000 orang yang meluber hingga pinggir lapangan. Lebih dari 1000 orang aparat keamanan dari berbagai jenis turut mensukseskan pengamanan. Di sisi lain, ini adalah partai ujicoba Arema dengan jumlah penonton dan aparat keamanan terbesar.

Sisi keunikan lainnya adalah pertandingan yang digelar pada jam 4 sore tersebut ‘cuma’ dilangsungkan hanya dalam waktu 1 jam(60 menit) saja. Hal ini tidak lain karena pada saat itu Stadion Kanjuruhan belum dipasang lampu penerangan yang memadai. (.id/ADW/wearemania.net)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.