‘GALUH’ IDENTITAS KEBANGGAAN WARGA CIAMIS | Telah terpatri kuat dihati semua penduduk

Persib-vs-PSGCDi Ciamis, penduduk dan pemerintah setempat memberi nama stadion kebanggaan mereka dengan nama Stadion Galuh. Penamaan nama Galuh sendiri merupakan hal yang cukup istimewa, karena nama ini berhubungan dengan sejarah dan emosi penduduk kota yang cukup sepi ini.

Galuh sendiri disinyalir berasal dari Galeuh yang berarti bagian inti pohon kayu yang berwarna kehitaman dan keras. Kata ini juga identik dengan kata galih yang berarti kolbu. Nama ini, sebagai nama kerajaan waktu itu, telah terpatri kuat di hati semua penduduk di sana, bahkan sampai sekarang. Kata “Galuh” masih digunakan oleh masyarakat Ciamis sebagai identitas kebanggaan mereka, termasuk penamaan stadion.

Selain menggunakan nama Galuh sebagai stadion, masyarakat Ciamis menggunakan nama Galuh di nama kesebelasan kebanggaan mereka itu. Peneliti sejarah Sepakbola Indonesia Novan Herfiyana menemukan data jika PSGC (Persatuan Sepakbola Galuh Ciamis) asalnya bernama Persigal (Persatuan Sepakbola Indonesia Galuh). Nama Persigal ini juga menggantikan nama Persig (Persatuan Sepakbola Indonesia Galuh) yang digunakan pra kemerdekaan. (.id/ADW/simamaung.com)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.