INGIN BERSAING PULA DALAM TEKNOLOGI | Tiongkok bangun teleskop terbesar di dunia

00081236Tiongkok dikenal sebagai negara yang gencar dengan industri perdagangannya, namun kini sepertinya negara ini ingin bersaing pula dalam urusan teknologi. Baru-baru ini pemerintahan Tiongkok tengah membangun sebuah aperture atau teleskop radio terbesar di dunia.

Teleskop radio tersebut akan berukuran 500 meter dan berbentuk bulat. Selain ukurannya yang besar, teleskop yang diberi nama Fast ini akan memiliki setidaknya 4.600 panel segitiga yang dapat dipindahkan untuk mengubah bentuk permukaan.

Pembangunan Fast ini sendiri disambut baik oleh para astronom. Mereka berharap Fast akan mampu mengungkap ribuan galaksi baru dan mendalami langit hingga jarak cahaya sejauh 7 miliar.

Sebelumnya, teleskop radio terbesar di dunia masih dipegang oleh Arecibo Observatory di Puerto Rico. Namun sepertinya gelar tersebut akan segera diambil ahli oleh Fast yang juga memiliki sensitifitas 3 kali lebih besar dari Arecibo Observatory. Dalam 22 tahun ke depan Fast kemungkinan juga akan menjadi teleskop terbaik di dunia. (.id/ADW/wowkeren.com)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.