KOTA BANDUNG RAIH PENGHARGAAN KOTA CERDAS | Padahal baru awal diterapkan

bandungKota dinobatkan menjadi salah satu Kota Cerdas setelah Surabaya dan Tangerang dalam penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2015 untuk kategori kota dengan penduduk lebih 1 juta jiwa.

Kita bekerja seperti biasa, tetapi kalau hal tersebut mendapat apresiasi, ya alhamdulillah, karena kita bekerja bukan mencari peringkat,” ujar pria yang akrab disapa Emil ini dikutip dari Bandung.go.id.

Emil menambahkan jika masuknya Bandung sebagai nominasi 5 besar Kota Cerdas merupakan suatu hal yang di luar perkiraan. Hal ini mengingat Kota Bandung baru menerapkan sistem smart city sekitar 8 bulan.

“Kota-kota lain sudah terlebih dahulu menerapkan kota cerdas ini, tetapi kita baru awal tahun ini menerapkannya, sehingga apresiasi ini patut kita syukuri,” ujar Emil.

Beberapa inovasi dilakukan pemerintah kota dibawah kepemimpinan Emil. Inovasi tersebut difokuskan kepada pengembangan sistem yang dapat mengontrol dari luar ke dalam. Dengan begitu pantauan dapat dilakukan secara digital, sehingga pendeteksian dan penyelesaian masalah bisa dibereskan lebih cepat dan sebagai kepala pemerintahan tidak perlu mendatangi langsung setiap permasalahan yang ada di lapangan.

Poin kedua tujuan inovasi sendiri, adalah untuk mengobservasi data-data di lapangan, misalnya cuaca dan lalu lintas, melalui internet. Selain efektif, inovasi ini juga memberikan informasi secara faktual.

Inovasi ketiga, lanjut dia, adalah dengan memanfaatkan komunikasi. “Kita kan terbuka, ya. Mudah menghubungi saya lewat Twitter, sistem lapor seperti itu,” kata Emil.

“Tahun depan mudah-mudahan Kota Bandung dapat melakukan percepatan dalam kota cerdas ini, karena kita mendapat bantuan dari Kominfo sebagai salah satu kota percontohan pengembangan kota cerdas,” ujarnya.

Pada IKCI 2015 ini ada 93 kota yang di survey dan menghasilan 15 nominasi untuk masing-masing kategori, yaitu kategori penduduk sampai 200 ribu jiwa, antar 200 ribu sampai 1 juta jiwa dan diatas satu 1 juta jiwa. Kota Bandung menempati peringkat ketiga kategori penduduk diatas 1 juta jiwa dibawah Surabaya, dan Tangerang. Menyusul Bandung terdapat Depok di peringkat keempat, dan Semarang. (.id/HP/infobandung.co.id)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.