NUMPANG IKLAN ALA MARQUEZ ! | Dianggap teu etis

iklanAya carita menarik nu rame diberitakeun media-media asing, pas Marc Marquez diam-diam “numpang iklan” ka Valentino Rossi di Sachsenring, Jerman, Minggu lalu.

Saat mereka berada di atas podium seusai penyerahan trofi — Marquez juara, Dani Pedrosa runner-up, Rossi peringkat ketiga –, The Doctor mengajak berfoto bareng ala selfie. Rossi memakai tongsis, menggunakan kamera keluaran GoPro. Cheeer!

Ternyata ada saja yang jeli memperhatikan hasil foto tersebut. Sesaat sebelum Rossi menjepretkan kameranya, Marquez ditengarai mengeluarkan sebuah benda kecil berwarna putih — dan benda berlogo itu ikut terfoto. Apa? Diyakini benda itu adalah kamera action keluaran Nilox, yang notabene merupakan rival dari GoPro yang dipakai Rossi.

GoPro sendiri bahkan sponsor utama gelaran MotoGP Jerman — sehingga nama balapan tersebut adalah GoPro Motorrad Grand Prix Deutschland.

Tak pelak, Marquez disindir karena dianggap tidak etis “beriklan” lewat kompetitornya. Situs autoevolution.com menulis, menjadi sponsor utama sebuah seri MotoGP tentu sangatlah mahal, karena antara lain logo mereka akan terpampang di mana-mana, plus dalam ratusan foto yang akan dipublikasikan di media-media.

“Ekspos seperti itu adalah sebuah publisitas yang sangat besar dan tak pernah murah. Itu sebabnya situasinya menuntut rasa hormat, setidaknya bagi perusahaan yang telah berinvestasi event tersebut,” tulis situs tersebut.

Pada akun Facebook Rossi, foto tersebut diedit. Di tangan Marquez hanya ada sebuah benda berwarna putih, tapi logo Nilox-nya dihilangkan. Namun, foto asli terlanjur tersebar. (.id/HP/detik.com)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.