PERSIAPAN BANDUNG KEUR ADIPURA | Geus 17 tahun lepas dari pelukan

bdgWali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan jika Kota Bandung memiliki peluang besar untuk meraih penghargaan Adipura yang sudah hampir 17 tahun lepas dari pelukan ibukota Jawa Barat ini. Beragam strategi pun dirancang Pemerintah Kota Bandung untuk kembali meraih penghargaan di bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan ini.

Salah sahiji programnya adalah ngubah manajemen kerja petugas kabersihan di Kota Bandung. “Keputusan minggu lalu, petugas kebersihan kerjanya digeser jadi subuh dari pukul 03.00-06.00 WIB. Kalau dulu para petugas kebersihan itu ada yang mulai kerja jam 07.30 WIB. Jadi kalau kita berangkat kerja masih terlihat ada sampah-sampah yang menumpuk,” kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Selain sampah nu terdapat di jalanan, petugas kabersihan juga akan menyisir sampah-sampah nu aya di wilayah sungai. Rencananya, beberapa truk sampah akan ditempatkan di titik-titik tumpukan sampah.

“Truk itu ‘stand by’ agar petugas tidak keteteran. Kita berinovasi akan ada truk yang berada di titik tertentu menerima muntahan sampah dari sungai untuk langsung dbawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti,” kata dia.

Pemerintah Kota Bandung juga direncanakan akan memperbaiki TPA Sarimukti yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat. Karena sampai saat ini, Kota Bandung menjadi pemasok sampah terbanyak dengan 1.500 ton per hari.

“Kota Bandung ini skornya berada di ambang batas dapat Adipura. Bisa mendapatkan Adipura dengan catatan TPA Sarimukti bisa memenuhi standar Kementrian Lingkungan Hidup (KLH). Tidak akan dapat Adipura kalau TPA Sarimukti tidak memenuhi standar kementerian,” kata Emil lagi. (.id/HP/infobandung)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.