RUMAH SEJARAH PENTING BANGSA INDONESIA TERPAHAT | Katnya rumah tak bertuan

rumahTerletak dekat Taman Surapati, Jakarta. Megah, bercat putih, punya banyak jendela. Di rumah di Jalan Imam Bonjol Nomor 1 ini, sejarah penting bangsa Indonesia terpahat.

Namun, riwayat tempat teks Proklamasi dirumuskan ini belum dapat diungkapkan secara tepat. Tidak ada catatan rinci mengenai tanggal, bulan dan tahun bangunan ini berdiri. Begitu pula mengenai pemilik gedung tersebut, sangat sedikit sekali diketahui.

Bangunan ini diperkirakan berdiri 1920-an.  “Kita sampai sekarang masih mencari data, siapa pemilik pertama rumah ini,” ujar pemandu Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Ari Suriyanto.

Dalam surat ukur No 955 tanggal 21 Desember 1931, pemiliknya atas nama PT Asuransi Jiwasraya Nilmy (Nederlands Levenzekering Maatschapij), adalah bekas hak guna bangunan No. 1337/Menteng, dengan luas tanah 3.914 meter persegi. Di samping itu, diuraikan dalam surat ukur No 956 Eigendom Verponding No 17758, dengan luas bangunan 1.138.10 meter persegi.

Selain itu, pembangunan diarsiteki JFL Blankenberg, seorang arsitek Belanda. Blankenberg membuat gedung ini bergaya arsitektur Eropa.

Sebelum pecah perang Pasifik, bangunan ini dipakai sebagai gedung Konsulat Jenderal Inggris dan ini berlangsung sampai Jepang menduduki Indonesia pada Maret 1942.

Pada masa Hindia Belanda, gedung ini terletak di jalan yang dinamai Nassau Boulevaard. Selanjutnya ketika pendudukan Jepang, nama jalan ini diubah menjadi Meiji Dori. Jepang menyerahkan bangunan kepada Laksamana Muda Tadashi Maeda dan keluarga sebagai tempat tinggal.

Berdasarkan foto dokumentasi yang diperoleh dari Satzuki Mishima, penghuni gedung tersebut antara lain Sugimura, Hirako, dan beberapa pembantu rumah tangga yang dikoordinir oleh Satzuki Mishima, sebagai sekretaris Maeda untuk urusan rumah tangga.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, gedung ini tetap menjadi tempat tinggal Laksamana Maeda sampai Sekutu mendarat di Indonesia pada September 1945. Selanjutnya gedung ini digunakan sebagai Markas Tentara Inggris. (Bobooth.id/HP/lipiutan6.com)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.