SHINKANSEN JAKARTA-BANDUNG MILIK JEPANG ? | Siap nutup 75 persen dana

bogorepang menunjukkan keseriusannya untuk membantu mengembangkan infrastruktur di . Salah satunya dengan berupaya memenangkan proyek pengadaan kereta api cepat atau Shinkansen jurusan Jakarta-. Menteri Perdagangan, Ekonomi dan Industri Jepang, Yoichi Miyazawa, mengatakan jika pihaknya memberikan penawaran yang lebih rendah dari yang ditawarkan Cina kepada pemerintah Indonesia.

Miyazawa juga mengatakan jika pemerintah Jepang bersedia untuk memberikan pinjaman lunak untuk menutupi 75 persen dari total dana yang dibutuhkan untuk proyek kereta cepat pertama di Indonesia tersebut.

Sebelumnya Jepang sudah melakukan studi kelayakan, jika untuk pengadaan proyek ini diperkirakan membutuhkan total biaya sebesar 45 triliun rupiah atau sekitar 3,3 miliar dollar. Jepang akan menawarkan tingkat bunga pinjaman serendah 0,1 persen, dan Indonesia akan mulai membayar cicilan setelah 11 tahun proyek tersebut beroperasi dengan waktu selama 40 tahun untuk melunasinya.

Sedangkan Cina sebagai negara pesaing Jepang untuk memenangkan proyek ini menawarkan produk dan jasa dengan biaya 4 miliar dollar dengan jangka waktu pinjaman 25 tahun dan tingkat bunga tahunan 2 persen.

Jepang mengatakan jika Shinkansen dapat melakukan perjalanan dengan rute 180 kilometer dalam waktu tempuh 36 menit. Dengan estimasi harga tiket dalam satu perjalanan sebesar 200.000 rupiah, kereta Shinkansen akan dapat melayani rata-rata 44.000 penumpang setiap harinya. Dengan angka ini, pemerintah Indonesia bisa mendapatkan 3,6 triliun rupiah pada tahun pertama kereta ini beroperasi.

Penasihat khusus bidang ekonomi Perdana Menteri Jepang, Hiroto Izumi menuturkan jika Indonesia menyetujui kerjasama ini, Jepang akan membangun pabrik di Indonesia yang akan memproduksi seluruh komponen kereta.

depannya, Izumi menginginkan semua komponen kereta diproduksi di Indonesia dan semua kegiatan yang berkaitan dengan operasi kereta api juga dilakukan oleh orang Indonesia.

Jika pemerintah Indonesia menyetujui usulan Jepang, groundbreaking untuk proyek Jakarta-Bandung dapat dilakukan pada awal tahun depan, dan kereta Shinkansen pertama Indonesia ini akan diuji coba pada tahun 2019. (.id/HP/infobandung.co.id)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.