TAH IEU BURUNG BESI RAKSASA TERBESAR SA ALAM DUNYA ! Beratna 544.111 kg

pesawatPenantian publik mengenai peluncuran pesawat super besar yang sejak 2011 diciptakan akhirnya terbayar. Konferensi pers beberapa hari yang lalu menyatakan, pesawat dengan nama Stratolaunch Carrier Aircraft ini akan mengudara pada 2016 nanti.

Cikal bakal burung besi raksasa tersebut diprakarsai oleh co-foundermicrosoft, Paul Allen dan Burt Rutan sebagai founder Scaled Composites, lalu dimulai pembuatannya di Ojave Air Spaceport, California. Pesawat ini diklaim sebagai pesawat penumpang terbesar di dunia, melebihi Airbus A380 yang saat ini sebagai pesawat paling besar sejagad.

Spesifikasi pesawat terbesar di dunia ini jika dibandingkan dengan Airbus A380, jauh lebih besar. Bayangkan, dengan lebar sayapnya 117 meter sedangkan Airbus A380 hanya memiliki lebar 79 meter saja. Dengan berat pesawat mencapai 544.111 kg, Stratolaunch mampu terbang dengan kecepatan 850 km/jam.

Jika dibandingkan dengan Airbus A380, pesawat ini jauh lebih besar. Bayangkan, lebar sayapnya saja 117 meter. Sedangkan Airbus A380 hanya selebar 79 meter saja. Dengan berat pesawat mencapai 544.111 kg, Stratolaunch mampu terbang dengan kecepatan 850 km/jam.

Untuk mesin, pesawat ini dilengkapi 6 mesin sekelas milik pesawat Boeing 747. Sedangkan roda untuk pendaratan, Stratolaunch terdapat 12 roda utama bagian belakang dan dua roda di bagian depan.

Begitu besarnya Stratolaunch membuat pesawat ini tidak mungkin dikomersialkan. Sebab untuk menerbangkan pesawat terbesar di dunia dengan lebar sayap 117 meter membutuhkan landasan terbang setidaknya sepanjang 3.657 meter. Sedangkan landasan di bandar udara maksimal panjangnya tak lebih dari 2.500 meter saja. (.id/HP/viva.co.id)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.