TEPAT DI POE IEU, DIDIRIKEUNNA KLEUB MENGBAL PERTAMA DI DUNIA !

Klub profesional terbesar di dunia, atau klub gurem yang ada saat ini tak akan bisa melepaskan diri dari sejarah yang dicatat Sheffield FC. Ya, klub sepakbola yang berasal dari pedalaman Highfield, Inggris tersebut merupakan klub sepakbola pertama yang pernah dibentuk untuk para pesepakbola. Sekelompok pesepakbola amatir bertemu di Parkfield House, di Sheffield pada 24 Oktober 1857, untuk mendirikan klub sepakbola petama di dunia.

Klub ini tercatat milik Nathaniel Creswick dan William Prest, dua anggota klub kriket Sheffield yang berusaha menjaga kondisi mereka tetap fit saat libur musim dingin. Keduanya juga bertanggung jawab menciptakan aturan pertandingan, termasuk di dalamnya awal mula aturan offside dan diperkenalkannya tendangan bebas dan pelanggaran. Aturan itu sendiri diperkenalkan pada 21 Oktober 1858, setahun setelah klub itu sendiri dibentuk.

Aturan itu pula kemudian digunakan oleh sejumlah klub di Utara Inggris. Sheffield kemudian bergabung dengan Asosiasi Sepakbola pada 1863 sebelum aturan mereka itu diadopsi oleh FA pada 1878. Dan karena keterlibatan mereka dalam gegap gempita sepakbola saat ini, pada 2004, Sheffield menjadi satu di antara dua klub yang mendapatkan Order of Merit FIFA. Klub lain yang juga mendapatkannya adalah Real Madrid. (.id/RF/Goal.com)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.