AHER PUN ANGKAT BICARA SOAL RIZIEQ SHIHAB

Bobotoh.id- Buntut pelesetan salam Bahasa Sunda, “sampurasun”, yang dilakukan petinggi Front Pembela Islam Rizieq Shihab belum juga reda. Hal ini pun memaksa Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan angkat bicara. Seperti yang diberitakan, Rizieq mengungkapkan pelesetan itu dalam sebuah acara di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Dia memelesetkan kata “sampurasun”, itu menjadi “campur racun”.

“Saya kira mari kita hadirkan dialog yang bagus dari kedua belah pihak. Jadikan nuasa silih asah silih asuh, saling memaafkan, karena itu budaya Sunda yang kaya akan norma dan nilai-nilai luhur,” kata Heryawan di Gedung Sate Bandung, Jumat (27/11/2015). Gubernur menegaskan, salam “sampurasun”, memiliki kandungan budaya yang tinggi dan tidak bermasalah dalam tinjuan agama sekali pun. “Itu bagian budaya kita,” kata dia. Tenjo oge Lurr.. (PEKAN DEPAN, POLDA JABAR PANGGIL PELAPOR RIZIEQ SYIHAB)

Menurut Heryawan, dalam konteks agama Islam, kata “sampurasun” masuk dalam budaya atau kebiasaan yang bisa menjadi norma, sepanjang tidak bertentangan dengan akidah.”Tadi juga sebelum shalat Jumat saya ucapkan salam setelah itu saya ucapkan ‘sampurasun’. Saya kira tidak ada masalah ya,” kata Heryawan. (Bobotoh.id/BBS/kompas)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.