ASAL KATA “SOCCER” TI SAHA NYAK?

Charles Wreford-Brown lah orang yang mewariskan kata ‘soccer’ di dunia, lahir pada 9 Oktober 1866. Wreford Brown sendiri memang bukan orang Amerika, tapi orang asli Inggris yang seharusnya lebih sering menggunakan kata ‘football’ ketimbang ‘soccer’. Ia juga sempat dua kali menjadi kapten tim nasional Inggris pada masanya.

Sejak awal Inggris sendiri memiliki dua asosiasi yang sama-sama menggunakan kata ‘football’: Rugby Football dan Association Football. Ini lah awal mula perbedaan football di Amerika dan Inggris.

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) yang terbentuk pada tahun 1863 langsung membuat berbagai peraturan sepak bola saat itu, yang membedakan permainan pada masanya seperti rugby football. Tenjo oge lurr.. (BOBOTOH ITU BUKAN PLAT B HATERS !)

Kisah Wreford-Brown saat menciptakanan frasa soccer diawali saat dirinya yang masih aktif sebagai mahasiswa Oxford diajak bermain sepak bola rugby oleh rekan-rekannya. Saat itu penyebutan rugby lebih sering dibilang ‘rugger’.

Penggunaan kata ‘soccer’  sendiri di Inggris akhirnya menurun drastis sejak awal abad ke-19. Kendati begitu, di Amerika dan dunia penggunaan kata ‘soccer’  masih kerap melekat di penggemar sepak bola. (Bobotoh.id/BBS/nationalgeographic.co.id)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.