BOBOTOH MILIH BAHASA SUNDA ! TINU HAL NAON ? NIHHH !!

.id, apa sih ? adalah sebuah singkatan dari pendekatan. Biasanya kata identik dengan anak muda yang sedang melakukan perkenalan dengan calon pasangannya. Jika berbicara , semua orang pasti pernah melakukan hal tersebut, tak terkecuali bobotoh tentunya.

Berbagai cara dan bahasa dilakukan oleh banyak orang yang sedang melakukan PDKT. Lalu bagaimana dengan Bobotoh ?

Saat bobotoh.id melalui akun twitternya @bobotohID melakukan polling tentang bahasa yang digunakan saat PDKT, Bobotoh ternyata lebih banyak memilih bahasa Sunda. Mungkin, karena perempuan/laki-laki yang sedang didekatinya adalah asal sunda.

“Lur cik ah !! Cara PDKT ka awewe urang sunda enakna pakai bahasa naon?!” tulisa admin @bobotohID.

Dari 140 voter, sebanyak 77 % memilih menggunakan bahasa daerah yaitu sunda dan sisanya menggunakan bahasa nasional. Alasan yang diungkapkan bobotoh pun beragam, karena berhadapan dengan wanita sunda, ada juga karena hanya mengerti bahasa sunda saja tanpa mengerti bahasa daerah lain.

“@BobotohID bahasa sunda atuh min meh kahartieun hahahahahaay,” ujar akun @kusnaedi21.

@BobotohID bahasa sunda,,meh langkung ngerejed kana jantung na,,hhhahahay,” ujar akun lain bernama @rizky_santosa97.

polling pdkt

Bahasa Sunda !

Dalam laman wikipedia, Bahasa Sunda adalah sebuah bahasa dari cabang Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia. Bahasa ini dituturkan oleh setidaknya 42 juta orang dan merupakan bahasa Ibu dengan penutur terbanyak kedua di Indonesia setelah Bahasa Jawa.

Bahasa Sunda dituturkan di hampir seluruh provinsi Jawa Barat dan Banten, serta wilayah barat Jawa Tengah mulai dari Kali Brebes (Sungai Cipamali) di wilayah Kabupaten Brebes dan Kali Serayu (Sungai Ciserayu) di Kabupaten Cilacap, di sebagian kawasan Jakarta, serta di seluruh provinsi di Indonesia dan luar negeri yang menjadi daerah urbanisasi Suku Sunda.

Dari segi linguistik, bersama bahasa Baduy, bahasa Sunda membentuk suatu rumpun bahasa Sunda yang dimasukkan ke dalam rumpun bahasa Melayu-Sumbawa. (bobotoh.id/HL/Wikipedia)

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.