BUDAK SMA UMUR 15 TAUN IEU RÉK MENYIEUN PASOKAN LISTRIK DESA DI SUKABUMI !

Bobotoh.id – Pada umumnya anak-anak usia belasan tahun disibukkan oleh gadget dan media sosial, beda halnya dengan Gamma Abdurrahma Thohir. Usianya baru 15 tahun, ia pun tengah sibuk mewujudkan proyek pembangkit listrik tenaga air micro hydro di Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi yang berasal dari idenya sendiri. Pelajar Sekolah Global Jaya, Bintaro yang masih duduk di kelas 1 SMA ini sangat antusias terhadap isu energi. Terinspirasi dari Thomas Alva Edison dan sang ayah, ia berniat memberi perubahan bagi Indonesia. Apa yang membuatnya begitu teguh untuk mengembangkan ide proyek yang diberi tajuk Micro Hydro for Indonesia ini?

Tenjo ieu oge lur: TIDAK DIISTIMEWAKEUN ! “LEGEND” INI DIANTOSAN KU BANGKU CADANGAN ?!

“Gamma menyusun proposal sangat rapi dan lengkap, pun begitu dengan presentasinya. Saya sampai keheranan dan bilang, ‘kamu serius ini, Gam?’ Lalu pihak sekolah mendukung, karena ini bukan proyek biasa,” kenang perwakilan Sekolah Global Jaya, Poppy Novita saat sedang berbincang dengan sejumlah media di Jakarta.

Dari tugas sekolahnya itu Gamma semakin yakin ia bisa membuat proyek pembangkit listrik mikro hidro sebagai langkah awal mengubah kehidupan daerah terpencil untuk bisa ikut merasakan daya listrik.

“Saya memang ingin proyek ini sungguh-sungguh berkelanjutan, bukan cuma buat pemenuhan syarat tugas di sekolah,” kata Gamma seperti dilansir Cnnindonesia.com.

Dengan bantuan pendampingan dari Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), Gamma memelajari konsep mikro hidro secara mendalam dengan berkunjung ke Institusi Bisnis Kerakyatan (IBEKA) dan CV Cihanjuang Inti Teknik mengenai teknis pembuatannya. (Bobotoh.id/RF)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.