CORNER: PERSIB ITU MILIK SIAPA ?

ITU MILIK SIAPA ? / NU SAHA ?

 

Kita akan membahas yang sebenarnya dianggap simpel namun sebenarnya gak simpel. Yaitu terkait “PERSIB sebenarnya milik siapa sih?”

Ada beberapa yang langsung bilangya nu aingatuh!, nu warga Jawa Barat, nu urang Bandung dan sebagainya. Memang tidak pernah ada yang salah mengenai ungkapan-ungkapan seperti diatas. Tapi, itu dalam hal apa?

Ketika kita berkata Persib nu aing, itu betul dan saya yakin tidak akan ada yang mempersalahkannya. Tapi dalam hal apa? Itu adalah dalam hal yang emosional mengenai rasa memiliki, historis dan sosiologis. Sebenarnya rasa memiliki itu tidak rasional seperti kata-kata yang saya sebutkan diatas.

Jadi, Persib ini bertansformasi, kalau dulu di era perserikatan Persib itu dibiayai oleh APBD. Nah, saat itulah sebenarnya ungkapan Persib nu aing sangat relevan. Karena apa? Karena dana APBD itu berasal dari pajak yang kita bayarkan, yang bayar orang-orang Bandung, hasil keringat orang-orang Bandung dan masuk ke APBD disitulah maka Persib nu aing, Persib nu saya, itu sangat pas dan relevan. Karena secara tidak langsung atau pun bahkan langsung, Persib itu hidup dari uang kita, uang yang kita bayarkan melalui pajak.

Tapi setelah Persib ini bertransformasi menjadi badan hukum  berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan bendera PT PBB (PERSIB Bandung Bermartabat)  itu harus merujuk ke Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Jadi secara singkat Persib ini sudah bertransformasi terhitung sejak didaftarkan ke Direktorat Jendra Administrasi Hukum Umum dibawah Kementrian Hukum dan HAM. Nah, semenjak itulah secaraYuridis, secara Akta, Persib adalah milik dari segelintir orang. Siapa segelintir orang itu? Yaitu segelintir orang yang memiliki saham di PT.PBB.

PT.PBB itu adalah sebuah perusahaan berbadan hukum perseroan terbatas. Perseroan terbatas yang dimiliki oleh siapa? Yaitu dimiliki oleh para pemegang saham. Pemegang saham ini menjalankan roda operasionalnya itu ada yang dinamakan Direksi, dan diawasi oleh para jajaran Komisaris.

Jadi, bahwa ketika Persib sudah berbentuk badan hukum dengan nama PT.PBB otomatis Persib itu milik segelintir orang. Siapa segelintir orang itu? Segelintir orang itu adalah orang-orang yang memiliki PT.PBB.

Ada hal yang masih jadi argumentasi bahwa Persib ini walaupun sudah berbentuk PT dan menjadi milik segelintir orang namun dari banyak sisi emosional tentunya tetap milik banyak orang. Karena secara sosiologis, secara historis, dan juga secara emosional, Persib terikat dengan masyarakat Bandung dan juga masyarakat Jawa Barat pada umumnya.

Hal itulah yang tidak bisa lepas, terlebih banyak aspek yang digarap PT.PBB sebenarnya berkaitan juga dengan aspek publik.

 

Sumber: Eko Maung, Periscope Bobotoh ID.

(Bobotoh.id/RF)

 

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.