DERITA PERBUDAKAN AFRIKA DI BRASIL LAHIRKAN TRIK SEPAK BOLA ALA BRASIL

Saat kecil, saya takut bermain sepak bola karena saya sering melihat pemain kulit hitam, dipukuli di atas lapangan hanya gara-gara melakukan pelanggaran atau beradu fisik. Bahkan, kadang-kadang, tidak melanggar apapun,” ujar , mantan defender Brasil pada 1930-an seperti dikutip dari Futebol The Brazilian Way of Life karya Alex Bellos.

Ancaman pemukulan tersebut memaksa orang kulit hitam melahirkan inovasi permainan sepak bola. Mereka menciptakan beragam trik semata-mata agar bisa melewati lawan (kaum kulit putih) tanpa menyentuh tubuhnya sama sekali. Tenjo oge lurr.. (PEMAIN BOLA DUNIA KUNAUN BANYAK TI AFRIKA DARIPADA ASIA?)

Kebetulan, warga kulit hitam yang berasal dari Afrika memiliki kebiasaan menari. Ini mempermudah mereka untuk menghadirkan trik karena tubuhnya sudah luwes. Ini pula yang akhirnya dipraktikkan Guia.

“Kakak saya selalu berkata, ‘Kucing selalu jatuh di kakinya. Bukankah Kamu pintar menari?’ Dia benar dan itu membantu permainan saya. Saya selalu menggoyangkan pinggang. Kemudian saya melakukan dribble pendek dengan meniru miudinho, sebuah tipe tarian samba,” tutur Guia.

Buahnya bisa kita nikmati hingga saat ini. Olah bola nan memukau dan trik memesona sering diperagakan para pesepak bola asal Brasil seperti Ronaldinho. Bermodal kemampuan itulah, mereka sanggup menyihir dunia lewat aksi-aksinya di atas lapangan hijau. (Bobotoh.id/BBS/duniasoccer.com/foto.copa2014.gov.br)

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.