EDUUN! POLUSI CHINA 50 KALI LEBIH TINGGI DARI STANDAR WHO

Asap polusi berbahaya menyelimuti China pada Senin (9/11) setelah level partikelnya mencapai 50 kali batas maksimum yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO. Penggunaan energi untuk pemanas dituding sebagai biang keladinya seiring kedatangan musim dingin.

Kabut itu begitu tebalnya hingga gedung-gedung di Changcun, ibukota provinsi Jilin di timur laut, jadi tak kasat mata. Sebuah foto menunjukkan penanda neon restoran warna kuning nampak melayang di udara bertuliskan “Northeastern Dumpling King”.

Sementara itu, kantor berita resmi Xinhua melaporkan pernyataan pejabat rumah sakit setempat yang kewalahan menangani pasien gangguan pernapasan akibat bangsal telah terisi penuh.

Dilansir dari Channel Newsasia, level PM2,5, partikel udara kecil yang disebut-sebut paling berbahaya bagi kesehatan manusia, mencapai 860 mikrogram per meter kubik di Changchun yang ditinggali 8 juta orang, jauh berbeda dari rekomendasi maksimum WHO sebesar rata-rata 25 mikrogram per 24 jam.

Di jejaring sosial pula, pemerintah Changchun mengatakan bahwa respons darurat “level tiga” sedang diinisiasi. Pemerintah mengimbau sekolah untuk tak menggelar aktivitas di luar ruangan, serta penduduk diminta tetap berada di dalam ruangan dan “mengambil tindakan pencegahan”, tanpa penjelasan lebih detail. Tenjo oge lurr.. (SABAN MENIT HUTAN INDONESIA LEUNGIT 3 KALI LAPANGAN BOLA!)

Masalah polusi yang parah di China telah lama dikaitkan dengan ratusan ribu kematian bayi, serta menjadi penyebab ketidakpuasan terhadap pemerintah.

Partikel PM2,5 dapat memicu penyakit jantung, stroke, serta gangguan paru-paru seperti kehancuran kantung udara dan kanker. (Bobotoh.id/BBS/cnnindonesia.com)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.