Faktor Geografi Pengaruhi Kemampuan Sepak Bola Tim Belanda

Dalam sepak bola terdapat istilah membuka ruang. Dalam permainan, pemain diminta mencari area kosong yang memungkinan untuk mencetak gol ataupun menerima umpan dengan leluasa.

Kemampuan mencari ruang sangat penting bagi pesepak bola. Pasalnya, sepanjang pertandingan, pergerakan mereka didominasi oleh pergerakan tanpa bola. Seorang peneliti asal Inggris bernama Chris Carling membuktikannya sesudah mendata seluruh pertandingan Ligue 1 musim 2010-11. Dia menemukan bahwa dalam satu pertandingan, pemain rata-rata hanya menyentuh bola dalam 53,4 detik.

Maka, pergerakan tanpa bola dan membuka ruang begitu vital. Nah, salah satu bangsa yang pintar mempraktikkannya adalah Belanda. Melalui Total Football, merekalah yang mencetuskan gagasan membuka ruang dalam sepak bola.

Mengaggas dalam sepak bola ternyata dipengaruhi oleh kondisi Belanda. Negerinya merupakan salah satu negara terpadat di dunia. Wilayahnya kecil dengan kondisi geografis unik dan nyaris berada di bawah permukaan laut.

Orang Belanda piawai menciptakan ruang baru di tengah area sempit. Ambil contoh sederhana, orang Belanda biasa membuat gudang di bawah tangga. Gudang tersebut adalah sebuah ruang baru di area yang sebenarnya sudah diisi oleh tangga. Itu dilakukannya untuk menyiasati keterbatasan lahan. Kelebihan itu secara tidak sadar terbawa dalam sepak bola.

Konsep ini diusung , pemain dan pelatih legendaris Belanda. Merekalah yang pertama kali memunculkan istilah tersebut. Cruyff melakukannya dengan mengkritisi pergerakan rekan-rekan setimnya. Sementara itu, Michels mengaturnya agar menghadirkan satu harmoni permainan. Tenjo oge lurr.. (CEUK IWAN TERNYATA DJANUR STRATEGINYA TOP MARKOTOP !)

“Secara tidak sadar, sepak bola selalu memerhatikan ruang. Pemain bagus adalah pemain yang selalu mampu membuat dirinya menerima umpan dengan leluasa.

Kini, konsep membuka ruang menjadi umum dalam sepak bola dan orang Belanda lah yang mengawalinya. (Bobotoh.id/BBS/nationalgeographic.co.id)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.