IEU ALASAN MENGAPA BOCAH 15 TAUN IEU RÉK MENYIEUN PLTA DI DESA SUKABUMI !

Bobotoh.id – Gamma menceritakan awal perjalanannya hingga akhirnya ia bisa dapat restu dari penduduk asli Ciptagelar di Sukabumi. Ia mengaku, melakukan pendekatan dengan warga di sana sudah menjadi tantangan awal baginya. Gamma menghabiskan beberapa hari di Ciptagelar yang memang belum ada pasokan listrik di tiap-tiap rumah. Ia pun mengungkapkan alasan mengapa akhirnya mantap memilih Ciptagelar.

“Perjalanan menuju ke Ciptagelar makan waktu 9 sampai 10 jam. Sudah lama, jadi saya harus lebih semangat lagi untuk bisa berdiskusi dengan kepala desa di sana,” cerita Gamma.

Tenjo ieu oge lur: BUDAK SMA UMUR 15 TAUN IEU RÉK MENYIEUN PASOKAN LISTRIK DESA DI SUKABUMI !
“Sesederhana mereka belum punya daya listrik yang memadai, lalu hubungan mereka dengan sesama sangat kuat, serta aliran air sungai yang cocok untuk dijadikan lokasi PLTA mikro hidro saya,” ungkap Gamma saat sedang memberi paparan tentang proyeknya seperti dilansir Cnnindonesia.com.

Gamma mengatakan, cara kerjanya sederhana yaitu debit air sungai yang cukup akan masuk ke turbin yang berkualitas tinggi lalu dialirkan ke generator. Dari generator ini proses pembangkit listrik bisa terbentuk. Sebagai langkah awal, proyek Gamma akan menyalakan listrik satu desa di Ciptagelar yang terdiri dari puluhan rumah. Ignatius Iryanto selaku deputi direktur YABN mengatakan, PLTA mikro hidro ini akan berkapasitas 40 KW. Secara konsep dan mekanik, Gamma mengaku telah bekerja sama dengan CV Cihanjuang untuk membuat turbinnya. (Bobotoh.id/RF)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.