JANGAN NULIS SOMPRAL DI SOSMED! PASAL KARET?

Jendral Badrodin Haiti Kepala Kepolisian Indonesia menandatangani surat edaran soal penanganan atau ujaran kebencian untuk seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) Indonesia.

Ada kekhawatiran hal tersebut bila diimplementasikan menurut seperti yang dilansir CNN Indonesia; Pertama, Apabila menilik dari UU Informasi dan Transaksi Elektronik () Pasal 27, memang masih rancu soal ujaran kebencian. Di dalamnya hanya disebutkan, tindakan yang termasuk hate speech apabila jika terjadi kerugian secara materi. Sementara di Pasal 28, sedikit lebih dipersempit, yaitu yang sifatnya intimidasi dan diskriminasi sudah termasuk ke dalam hate speech.

Kedua, masalah SDM, Enda juga memberi masukan pada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk turun tangan dalam masalah ujaran kebencian ini. Sebab Enda menilai, pihak kepolisian tidak mampu mengawasi sendiri secara keseluruhan. Setidaknya, Kemenkominfo memiliki semacam posko yang berguna untuk menampung laporan dari masyarakat mengenai tindakan dari hate speech ini. (Kram Otak & Galau! Viking Tur ke Pantai! Tenjo Disini)

Ketiga, Menurut Enda, secara yudikatif, polisi yang memiliki wewenang untuk menginterpretasikan tiap-tiap tindakan, apakah yang termasuk ke dalam hate speech atau bukan. Akan sia-sia apabila hanya sebatas  surat edaran tanpa penjelasan yang spesifik mengenai hate speech itu sendiri serta penerapannya di kehidupan nyata. (bobotoh.id/BBS/CNNIndonesia.com)

Komentar

bobotoh.id

Persib, bobotohnya, serta kejadian aktual sa alam dunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.