KALOW NGEUSI BENSIN JANGAN SAMPAI PENUH ! IEU ALESANA !

Bobotoh.id – Bagi anda yang suka menggunakan kendaraan bermotor, tentu anda akan selalu menjaga kendaraan agar selalu siap untuk digunakan, termasuk dengan mempersiapkan bahan bakarnya. Diantara anda yang mempunyai kendaraan, hal ini akan selalu terlintas dipikiran anda bahwa bahan bakar kendaraan harus selalu terisi penuh agar selalu siap digunakan kapan saja dan anda juga bisa menghemat waktu untuk keluar masuk pom bensin. Namun tahukah anda, ada beberapa alasan penting agar bahan bakar kendaraan anda tidak diisi secara penuh? Berikut alasannya :

1. Proses Penguapan BBM Terbuang Percuma Saat Diisi

Tentu anda semua sudah tahu, jika benda cair terkena panas, maka benda tersebut akan menguap. Hal ini juga berlaku bagi BBM yang sifatnya cair dan mudah terkena rangsangan panas.

Ieu rame lur: ROBBY DARWIS & MAUNG BANDUNG ! LAMUN KATA TÈH TYA MAH !

BBM yang keluar dari selang pengisian bisa terhisap kembali ke dalam tangki SPBU sehingga sebagian bensin yang kita bayar akan kembali pada tangki SPBU. Kenapa hal ini bisa terjadi? Mesin pengisian bahan bakar modern yang saat ini digunakan sudah dilengkapi dengan penghisap uap bahan bakar. Saat selang pengisian mendeteksi bahwa bahan bakar yang diisikan pada kendaraan sudah penuh, maka secara otomatis selang tersebut juga akan menghisap uap bahan bakar yang keluar dari lubang pengisian kendaraan. Tentu anda tidak mau rugi karena hal tersebut bukan?

2. Pembakaran Energi Membutuhkan Ruang Udara

Masih terkait dengan alasan yang pertama, bahan bakar sifatnya mudah menguap karena mudah dirangsang oleh panas. Tangki bahan bakar pada kendaraan itu membutuhkan ruang udara agar bisa mengembang. Entah itu benda padat, cair atau gas, semua butuh ruang agar saat memuai memiliki tempat. Konsep ini sudah dilakukan di berbagai bidang. Contohnya saja, pernahkah anda membeli botol air mineral, makanan ringan di supermarket atau susu bubuk yang diisi sampai penuh?

Berdasarkan hal tersebut, pada tangki bahan bakar kendaraan juga disediakan lubang yang berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan oleh bahan bakar saat pemuaian. Jika seluruh tangki diisi sampai penuh, maka bahan bakar akan keluar dari tangki melalui selang dan akan terbuang percuma.

Hal ini juga berlaku bagi anda yang suka menggoyang-goyangkan kendaraan agar sela-sela ruang dalam tangki kendaraan bisa terisi. Hal tersebut justru membuat kotoran dalam tangki akan terangkat dan dapat menyumbat lubang menuju pembakaran. Sekali lagi, bahan bakar minyak adalah benda cair yang bisa menyesuaikan diri dengan bentuk tempatnya.

3. Uap Dari BBM Berbahaya Bagi Kesehatan

Jika sedikit, memang tidak terlihat dampak dari uap bahan bakar bagi kesehatan. Namun jika keseringan akan sangat berbahaya bagi kesehatan, meski ada sebagian orang yang beranggapan bahwa uap bahan bakar terutama premium sangat enak untuk dirasakan baunya. Setiap bahan bakar yang tumpah atau menguap akan menjadi salah satu faktor penyumbang polusi udara. Konsep ini sebenarnya berlaku bagi setiap racun seperti rokok beserta asapnya, makanan dan hal lainnya yang terkadang terlalu diremehkan dengan kata “cuma sedikit kok”. Jadi janganlah berlebihan saat mengisi bahan bakar. (Bobotoh.id/RF/Sikerok)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.