KEREN EUY ! AYEUNA I-TUNES HADIR DI ANDROID !

Bobotoh.id – Judul di atas merupakan kesan pertama yang dirasakan oleh CNN Indonesia ketika mengunduh Music, layanan musik streaming di Samsung Galaxy S6, ponsel berbasis . Bukan rahasia lagi memang, saat Music pertama kali diluncurkan, CEO Tim Cook memang berjanji akan menghadirkan layanan ini tidak hanya untuk iOS saja. Dan itu dibuktikannya beberapa waktu lalu.

Apple Music, bukan aplikasi pertama Apple di Android, karena sebelumnya juga sudah ada aplikasi bernama ‘Move Android to iOS’. Bukan juga layanan pertama Apple di luar sistem operasi miliknya, yang kami maksud iTunes untuk Windows. Intinya, Apple memang tidak seeksklusif seperti yang dibayangkan di benak banyak orang. ‘iTunes’–pakai tanda kutip–akhirnya mendarat di Android ini memang menggambarkan bagaimana Apple tak memberi sentuhan berbeda, persis seperti ketika menawarkan iTunes di Windows. Apple Music untuk Android nyaris tidak ada perbedaan, karena kalau pun ada fragmentasi itupun sifatnya hanya kecil saja.

Tenjo disini: SEJARAH POE IEU: GUL CANTIK THIERRY HENRY KE JALA TOTTENHAM !

Pengguna iOS yang juga menggunakan Android pun akan sangat mudah menyesuaikan diri untuk masuk ke fitur-fitur Apple Music, seperti ‘For You’, ‘New’, ‘Radio’, ‘Connect’ dan ‘My Music’. Perbedaan hanya pada masalah penempatan saja. Ke semua fitur yang disebutkan tadi di iOS dipasang di bagian bawah secara berurutan, sementara di Android memerlukan tap baru di sebelah kiri atas.

Posisi ini yang sebetulnya tidak efektif, karena bagi pengguna Apple Music setelah melakukan pencarian harus menekan tombol ‘back’, sementara iOS tinggal memilih ke fitur mana yang diinginkan.Selebihnya? Sama saja. Pengguna masuk menggunakan akun Apple ID dan akan terkoneksi langsung, bila memang sudah memakai sebelumnya di iOS atau iTunes. Sementara untuk pengguna baru, bisa mencicipnya secara gratis selama 3 bulan, sampai kemudian ditagih Rp 69 ribu per bulan atau Rp 150 ribu untuk paket family. Pengguna pun juga bisa memutar lagu secara offline, karena memungkinkan untuk mengunduhnya terlebih dahulu dan menyimpannya di dalam memori. (Bobotoh.id/RF)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.