PAMAEN BOLA CAN JADI PROPESI BERGENGSI DI INDONESIA

Popularitas sepak bola yang tinggi di Indonesia seharusnya bisa berbanding lurus dengan kesuksesan. Logikanya, semakin banyak yang bermain, makin besar pula pilihan pemain berkualitas.

Di Indonesia, belum menjadi profesi bergengsi. Selain karena sekedar hobi, faktor jangka waktu karier yang pendek, menjadi pemain sepak bola ternyata masih belum dinilai mampu mengangkat status sosial seseorang dan keluarganya. Alhasil, sangat jarang ada orang tua yang menganjurkan anaknya untuk berkarier di lapangan hijau. Tenjo oge didieu.. (SAYA TAHU PROFESI AKTING SULIT)

​Situasi di Indonesia berbeda dibanding Brasil. Di sana, pesepak bola dianggap sebagai karier bergengsi. Ketika seseorang bisa menjadi pesepak bola profesional, dengan sendirinya status sosialnya terangkat.

“Ketika saya kembali ke Rio de Janeiro, orang-orang memperlakukan saya dengan berbeda. Saya bagai bangsawan. Orang memandang saya sebagai orang penting,” kata Marcolino mantan pesepak bola seperti dikutip dari buku Futebol The Brazilian Way of Life. (Bobotoh.id/BBS/ nationalgeographic.co.id)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.