SALAH SAHIJI BUKTI ! “DANGDUT IS THE MUSIC OF MY COUNTRY” !

.id – Judul lagu Project Pop, “ Is The Music Of My Country” rupanya benar adanya. Saat bobotoh.id melalui akun twitternya @bobotohID melakukan tentang genre lagu favorit, banyak bobotoh yang memvote dangdut dibandingkan rock.

“Polling deui ah ! Bobotoh, resep mana ! lagu dangdut atau rock ?!,” tulis Admin @bobotohID.

Dari 105 voters, 60 % memilih lagu dangdut sedangkan 40 % menyukai genre musik yang kental akan distorsi.

” Dangdut ah.. Meh rada Digoyang.. Heheh komo Dangdut koplo mah… Bisa joged bareng Mas Hariono heheh~ asololeeee jossss,” ujar akun @bangkubang.

“@BobotohID di koplokeun mantap mang,” ujar @YM_90.

Namun ternyata, ada juga bobotoh yang tidak menyukai dua genre lagu tersebut. “@BobotohID eweh nu resep :))))),” ujar @muhgraha.

POLLING MUSIK

Apa itu Dangdut ?

Dikutip dari laman wikipedia, Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik Indonesia dan musik populer tradisional yang sebagian berasal dari musik Hindustan, Melayu, dan Arab. Dangdut bercirikan dentuman tabla dan gendang.

Dangdut juga dipengaruhi musik India melalui film Bollywood oleh Ellya Khadam dengan lagu Boneka India, dan terakhir lahir sebagai Dangdut tahun 1968 dengan tokoh utama Rhoma Irama.

Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia pada akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya.

Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.

Penyebutan nama “dangdut” merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) musik India. Putu Wijaya awalnya menyebut dalam majalah Tempo edisi 27 Mei 1972 bahwa lagu Boneka dari India adalah campuran lagu Melayu, irama padang pasir, dan “dang-ding-dut” India.

Sebutan ini selanjutnya diringkas menjadi “dangdut” saja, dan oleh majalah tersebut digunakan untuk menyebut bentuk lagu Melayu yang terpengaruh oleh lagu India. (bobotoh.id/HL/Wikipedia)

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.