SAMPAH PLASTIK! KALEUM AYA HILEUD

Penelitian yang dilakukan oleh Wei-Min Wu dari Stanford University mengungkap bahwa mealworm atau memiliki kemampuan untuk mengurai plastik berbahan polistirena. Hasil riset yang diterbitkan menjadi dua makalah di jurnal Environmental Science and Technology itu berpotensi menyelesaikan masalah sampah plastik global.

Ulat tepung mampu mengubah styrofoam yang termasuk jenis plastik, menjadi karbon dioksida dan butiran-butiran materi lain yang bisa diuraikan. Saat melakukan tes kesehatan ulat, Min Wu mengetahui bahwa ulat tepung yang memakan styrofoam sama sehatnya dengan ulat tepung yang makan biji-bijian.

Dalam studi kedua, Min Wu menggunakan mikroba dalam saluran pencernaan ulat tepung. Mikroba itulah yang membuat ulat tepung bisa menguraikan styrofoam.

Dalam percobaan, mikroba diminta menguraikan polistirena. Walaupun kecepatan penguraiannya lebih lambat, mikroba itu tetap bisa melakukannya. Tenjo didieu lurr.. (UNGGAL TAUN 8 JUTA TON PLASTIK DIBUANG KA LAUT)

Min Wu mengatakan, “Temuan kami membuka pintu untuk menyelesaikan masalah plastik global.” Ke depan, ia akan mencoba mengidentifikasi mikroba yang bisa mengurai styrofoam, dan mencoba mencari organisme semacam ulat tepung di laut. Dengan demikian, masalah plastik yang terakumulasi di lautan bisa diatasi (Bobotoh.id/BBS/Kompas.com)

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.