SEJARAH POE IEU: HANDBALL KONTROVERSI THIERRY HENRY !

Bobotoh.id – Enam tahun lalu, 18 November, Prancis mungkin bakal melewatkan gelaran babak utama Piala Dunia 2010 andai tak ada momen kontroversial yang dilakukan ikon andalan mereka, Thierry . Gol menit akhir yang dilesakkan William Gallas, yang berhasil memberikan keunggulan agregat 2-1 bagi skuat Les Bleus dalam dua kali pertemuan play-off di fase kualifikasi zona Eropa, tercipta tak lepas dari handball terang-terangan yang dilakukan oleh Henry.

Henry saat itu menerima sebuah umpan lambung di tiang jauh dan menepis bola yang nyaris keluar dengan tangan kirinya, mengubah laju bola masuk ke tengah yang kemudian disambut sundulan Gallas untuk membobol gawang Shay Given. Momen itu kontan membuat Republik Irlandia meradang, mendapati mereka harus kecewa lantaran mimpi mereka untuk tampil di Piala Dunia pupus.

Tenjo disini: BALE SIAP DIBANJUR DUIT £90 JUTA KU EMYU !

Wasit Martin Hansson yang saat itu bertugas memimpin pertandingan, menolak protes yang dilancarkan para penggawa Irlandia, yang di antara mereka juga mempertanyakan posisi Henry sebelum melakukan handball yang sudah dianggap offside. Andai saja tak ada kejadian itu, mungkin napas perjuangan Irlandia di Stade de France masih bisa dilanjutkan ke babak adu penalti.

 

Sesuai dugaan, Irlandia yang tak puas terus melancarkan protes dalam bentuk lain demi manganulir hasil laga leg kedua play-off tersebut. Beberapa kalangan meminta laga untuk diulang, yang tentunya belum pernah terjadi dalam sejarah FIFA terkait pengulangan sebuah pertandingan. Sadar hal itu tidak akan didapat timnya, pelatih Irlandia saat itu Giovanni Trapattoni mengimbau FIFA untuk menerapkan teknologi video guna menghindari kejadian serupa di masa mendatang.

Sementara Raymond Domenech, yang saat itu menjabat sebagai arsitek Prancis, tak segan untuk memberikan komentarnya dengan menegaskan bahwa dirinya tak melihat tayangan ulang dan hanya mengetahui bahwa gol tersebut yang terpenting sudah disahkan oleh wasit.

Henry sendiri, setelah momen kontroversial tersebut, secara jujur mengakui bahwa dirinya memang dengan sengaja menyentuh bola: “Ya, memang ada handball, tapi saya bukan wasit. Toto [Sebastien Squillaci] maju ke depan dan saya berada di belakang dua pemain Irlandia, bola memantul dan mengenai tangan saya. Tentu saja saya melanjutkan permainan karena wasit tidak meniup peluit, tapi saya tidak bisa memungkiri bahwa memang terjadi handball.”

Kontroversi yang dilakukan legenda hidup Arsenal tersebut memang banyak menuai kecaman. Momen itu juga disikapi serius oleh Federasi Sepakbola Irlandia [FAI] yang terus menekan FIFA agar meluluskan ambisi mereka tampil di Piala Dunia Afrika Selatan termasuk mengusulkan tambahan kuota ekstra menjadi 33 tim yang bertanding, namun semuanya mentah dan kejadian tersebut dipastikan hanya menjadi tambahan tersendiridalam catatan sejarah sepakbola… (Bobotoh.id/RF/Goal.com)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.