SEJARAH POE IEU: KARTU BEUREUM PERTAMA KEUR TIMNAS BELANDA

Awal yang buruk tak selalu menghadirkan akhir cerita yang buruk pula, itulah kiranya yang menggambarkan catatan perjalanan karier Johan sebagai salah satu tokoh legendaris sepakbola . Ya, tepat pada hari ini, tahun 1966 silam, Cruyff mendapatkan kartu merah untuk pertama kalinya saat memulai langkah di dunia lapangan hijau. Yang lebih membuat hal itu dikenang, momen tersebut sekaligus merupakan kartu merah perdana yang diperoleh di pentas internasional.

Tenjo ieu oge lur: PAMAÉN BOLA DI INDONESIA KURANG GIZI ?!

Dipercaya tampil dalam partai uji coba melawan Cekoslowakia – kini menjadi negara terpisah Republik Ceko dan Slowakia – di hadapan lebih dari 52,000 suporter yang memadati Olympic Stadium di Amsterdam, insiden terjadi di menit ke-76 laga babak kedua, tepatnya ketika Belanda tertinggal 2-1.

Dengan Belanda yang cukup frustrasi meladeni perlawanan Cekoslowakia, Cruyff yang seharusnya menjadi inspirator permainan timnya justru melakukan tindakan yang tidak perlu kala melakukan pelanggaran pada pemain lawan yang berujung dengan pengusiran dirinya oleh wasit Rudi Glockner. Kekurangan jumlah pemain jelas merugikan Belanda, yang tak ayal harus menelan kekalahan 2-1 dari Cekoslowakia di markas sendiri. Sementara buntut dari kartu merah yang didapat, hukuman Cruyff tak berhenti sampai di situ. Federasi Sepakbola Belanda [KNVB] menangguhkan statusnya sebagai penggawa timnas selama hampir satu tahun, membuatnya tidak dapat tampil di pentas internasional hingga 13 September 1967. (Bobotoh.id/RF/Goal.com)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.