SEJARAH POÉ IEU: MIKE TYSON NGAN SAUKUR BUTUH WAKTU 5 MENIT KEUR JADI JUARA DUNIA !

Bobotoh.id – Seorang petinju muda berusia 20 tahun bernama Michael Gerard Tyson atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mike Tyson merobohkan petinju yang 13 tahun lebih tua darinya dan punya pengalaman panjang di kelas berat, Trevor Berbick, pada 23 November 1986.

Tenjo disini: MALAYSIA PUNYA INI, INDONESIA TEU BOGA ! JADI WÈ KONATE HENGKANG !

Waktu yang dibutuhkan? Hanya lima menit 35 detik, dan kemudian Tyson menjadi pemegang gelar juara kelas berat. Kehebatan pria kelahiran Brooklyn, New York itu, langsung menjadi penanda era Tyson dan namanya kian populer setelah meraih titel itu.

“Saya peraih titel kelas berat termuda dalam sejarah, dan saya akan menjadi yang tertua,” ucap Tyson kala itu, dikutip dari History.com

Penampilan hebat Tyson muda saat itu merupakan hasil 27 pertarungan yang sebelumnya ia lakukan, dengan catatan 26 lawannya dipukul KO (Knockout) alias mencium kanvas. Bahkan pelatihnya, Angelo Dundee, kehabisan kata-kata melihat “badai” pukulan yang dilancarkan Tyson. Mendiang Dundee memuji pukulannya seperti dinamit.

“Saya mencoba membuktikan diri saya dapat menahan pukulan terbaiknya, tapi dia memukul cukup keras,” ujar Dundee, saat coba menerima pukulan Tyson kala berlatih bersama.

Tyson hanya punya satu rencana utama saat melawan Berbick, dan itu adalah mendaratkan beberapa pukulan dengan niatan untuk merobohkan Berbick. Pukulan-pukulan itu tidak lemah tentunya, Tyson ingin mendaratkan pukulan berat di tiap pukulan yang dilepaskannya.

“Saya ingin melepaskan tiap pukulan dengan niatan buruk. Saya melepaskan pukulan yang saya sebut bom hidrogen,” tegas Tyson.

Jalannya pertandingan seperti telah dianalisis oleh Tyson, Berbick memulai laga dengan lambat dan hanya beberapa detik setelahnya, Tyson melepaskan hook kiri yang kuat dan menjatuhkannya. Petinju 33 tahun itu bangkit, namun ia bak samsak untuk Tyson, yang kemudian merubuhkannya kembali.

Tyson muda memang mencuri perhatian pecinta tinju dunia kala itu, dan mampu mempertahankan gelarnya selama sembilan laga ke depan, hingga Buster Douglas mengalahkannya pada 1990.

Setelah kekalahan itu, kariernya bak roller coaster alias naik turun. Tyson dipenjara karena melakukan pemerkosaan. Lalu di lima pertarungan comeback-nya pada 1995, ia terlibat pertarungan sengit dengan Holyfield dan melakukan tindakan nyeleneh yang dicatat dalam sejarah tinju, menggigit telinga Holyfield dan didiskualifikasi. Tyson pensiun dari ring tinju pada 2005. (Bobotoh.id/RF/Okezone)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.