SEJARAH POÉ IEU: PAMAÉN 18 TAHUN BERNAMA STEVEN GERRARD DEBUT DI LIVERPOOL !

Hari ini 17 tahun silam, Steven memulai debutnya untuk dalam lanjutan Liga Primer 1998/1999 melawan Blackburn Rovers di Anfield. Di pertandingan itu, Gerrard yang bertubuh cungkring dan dikenal pemalu mendapatkan kesempatan tampil di menit ke-90 sebagaimana manajer Gerard Houllier memasukkannya untuk menggantikan Vegard Heggem.

Pergantian itu merupakan penampilan perdana Gerrard – yang kemudian mendapat julukan kapten fantatis – selagi klubnya mencatatkan kemenangan 2-0 berkat gol yang dicetak Paul Ince dan Michael Owen di babak pertama. Gerrard, yang waktu itu berusia 18 tahun, memakai No.28 dan sama sekali belum berkeringat setelah menggantikan pemain internasional Norwegia itu di posisi bek kanan, namun ia lantas berkembang untuk mencapai impiannya bersama klub idolanya.

Adapun Houllier, yang menangani Liverpool berdampingan dengan Roy Evans, sejatinya baru mempromosikan Gerrard dari tim akademi ke tim utama di Melwood.

“Itu lucu untuk memikirkan awalan karier untuk Steven,” buka Heggem kepada Liverpool Echo. “Saya ingat betapa malu dan kurusnya dia waktu itu. Saya terkejut betapa cepatnya dia meroket dari musim pertamanya di Melwood untuk kemudian mencatatkan debut di Anfield. Itu adalah periode yang singkat.

“Ada gegap gempita ketika dia masuk sebagaimana itu adalah dorongan yang hebat dari fans karena bisa melihat pemain lokal lainnya muncul dari akademi. Hal itu menghadirkan dampak positif untuk klub.

“Houllier sudah memantaunya di akademi dan bisa melihat potensinya. Dia yakin dia [Gerrard] bisa berkembang dan penilaiannya terbukti tepat.”

Di musim tersebut, Gerrard secara total mengemas 13 penampilan di mana ia mengisi kekosongan kapten Jamie Redknapp yang cedera di posisi gelandang tengah.

Di akhir musim itu, Liverpool finis di urutan ketujuh setelah hanya mengumpulkan 54 poin. Akan tetapi, musim tersebut merupakan awalan karier bagi Gerrard, yang lantas mencatatkan 504 penampilan untuk The Reds di Liga Primer sebelum hengkang pada musim panas kemarin.

(Bobotoh.id/RF/Goal)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.