7 PELATIH YANG KUNGSI JADI PEMAIN PERSIB !! SIAPA SAJA ?!

Di era sepak bola profesional pasca meleburnya Galatama dan Perserikatan, sudah 16 pelatih yang pernah menukangi . Dari 16 nama tersebut terdapat 6 nama pelatih asing dan 10 pelatih lokal.

Dari 10 nama pelatih asal tanah air, ada 7 nama pelatih yang merupakan era 1960, 1970 dan 1980-an. Tercatat, dari 7 pelatih yang merupakan mantan tersebut hanya satu nama yang sukses mengantar meraih tahta juara Liga Indonesia yaitu, Djajang Nurdjaman.

Lalu, siapa lagi pelatih lain yang juga mantan pemain Persib ?! Ini dia !!

1. Risnandar Soendoro

Risnandar Soendoro
net

Pria kelahiran 1948 ini salah satu pelatih yang pernah menyutradarai Persib. Risnandar tercatat sebagai pemain Persib era 1968. Kariernya saat menjadi pemain cukup gemilang. Risnandar masuk skuat senior Maung Bandung waktu usinya menginjak 20 tahun. Bahkan pada tahun 1970, Risnandar tergabung bersama skuat Merah Putih dan menjadi pemain terbaik nasional pada tahun 1973.

Saat usia 30, Risnandar memutuskan untuk gantung sepatu. Ia memilih terjun didunia kepelatihan. Awal menukangi Persib, Risnandar berhasil mengembalikan kejayaan Maung Bandung pasca terlempar dari divisi utama tahun 1978. Ditangan Risnandar, Persib kembali berlaga di kompetisi amatir tertinggi pada tahun 1983.

Memasuki sepak bola profesional, Risnandar kembali dipercaya untuk membesut tim yang pernah dibelanya tersebut. Ia sempat membawa Maung Bandung berlaga di babak 12 Besar Liga Indonesia II/1995-1996. Sentuhan tangannya kembali dipercaya oleh manajemen pada kompetisi musim 2006-2007, namun kali ini Risnandar gagal. Ia mundur setelah Persib terpuruk di dua laga awal kandang. Mundurnya Risnandar saat itu tak lepas dari aksi yang memintanya untuk mundur. Pasca mundur dari Persib, posisinya digantikan oleh Djajang Nurdjaman dan Dedi Sutendi (caretaker) sebelum akhirnya masuk Arcan Iurie pelatih asal Moldova.

2. M. Suryamin

suryamin
galamedianews.com

“Si Manuk”, itulah julukannya saat masih menjadi pemain Persib era 1980-1990-an. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini bermain di era Adjat Sudrajat, Adeng Hudaya, Yusuf Bachtiar dan Dede Iskandar.

Julukan “Si Manuk” yang melekat pada dirinya diberikan oleh pelatihnya saat itu, Wowo Sunaryo. Nama “Si Manuk” sendiri dikarenakan aksi Surayamin yang seperti manuk atau burung. Menurut Wowo, aksi Suryamin yang selalu menang saat berduel dengan lawan membuatnya diberi julukan “Si Manuk” yang suka papatuk atau mematok.

Setelah gantung sepatu sebagai pemain, Suryamin sempat menukangi Persib sebagai asisten pelatih di tahun 1995 sampai 1997, kemudian setahun kemudian yaitu 1998/1999 Ia dipercaya sebagai pelatih kepala. Namun, Suryamin hanya kuat satu putaran saja, ia mundur dari kursi panas  dikarenakan banyaknya intervesi dari pihak luar.
3. Nandar Iskandar

nandar
net

Pelatih yang satu ini merupakan mantan pemain Persib era 1960 bersama Risnadar Soendoro. Nandar merupakan salah satu pelatih sukses yang pernah menangani Persib di kompetisi Amatir Perserikatan. Nandar membawa Persib menduduki peringkat kedua Perserikatan tahun 1984-1985 dan satu tahun kemudian, Nandar sukses membawa Persib juara pasca menumbangkan Perseman Manokwari di Final melalui gol tunggal Djajang Nurdjaman.

Memasuki era sepak bola profesional, Nandar kembali dipercaya menukangi Persib pada musim 1996-1997 dan 1997-1998.

4. (Alm) Bambang Sukowiyono

adam_suko copy
adam husein/bobotoh.id

(Alm) Bambang Sukowiyono merupakan pemain Persib yang bukan asli Bandung. Ia adalah mantan pemain Persis Solo Junior saat usinya 17 tahun. PAda tahun 1970, Suko pindah ke kota Bandung. Suko yang hoby sepak bola bergabung dengan salah satu tim internal Persib, PS. IPI.

Kesuksesan Suko bersama Persib sama seperti Djajagn Nurdjaman. Ia tergabung dalam skuat Maung Bandung tahun 1986 saat menjuarai Perserikatan dengan mengalahkan Perseman Manokwari 1-0 di Stadion Senayan Jakarta (Kini Gelora Bung Karno)

Di Persib Ia pernah menjabat sebagai pelatih berstatus caretaker pasca mundurnya Marek Andrzej Sledzianowski musim 2003/2004.

Sukowiyono meninggal dunia, Kamis (1/8/2013) di Rumah Sakit Santo Borromeus akibat penyakit yang dideritanya.

5. Robby Darwis

adam_rob
adam husein/bobotoh.id

Ia memang bukan pelatih kepala yang ditunjuk secara langsung oleh manajemen Persib. Namun Robby sudah tiga kali bertindak sebagai caretaker saat Persib ditinggal pelatih kepalanya di era Arcan Iurie, Jaya Hartono dan Drago Mamic.

Nama Robby Darwis sendiri tentunya sudah tidak asing ditelingan para pencinta sepak bola tanah air. Kariernya sebagai pemain tergolong bagus dan cemerlang. Ia merupakan salah satu pemain Persib yang acap kali dipanggil pelatih Timnas Indonesia untuk mengkoordinir lini belakang skuat Garuda.

Saat menjadi pemain Persib, Robby tercatat telah memberikan banyak gelar di kompetisi amatir Perserikatan tahun 1986, 1989, dan 1993. Saat memasuki sepak bola profesional, Robby berhasil mengangkat trophy Liga Indonesia 1 tahun 1994/95.

Ieu Rame Lur : 5 Lagu Persib Yang Mineng Kita Dengar di Stadion !!

6. Djajang Nurdjaman

ADAM_DJADJANG NURDJAMAN (4)
adam husein/bobotoh.id

Dialah pelatih yang terbilang sukses diantara pelatih yang juga mantan pemain Persib lainnya. Saat menjadi pemain, Djajang Nurdjaman adalah penentu sekaligus membawa timnya juara berkat gol tunggalnya ke gawang Perseman Manokwari tahun 1986.

Djajang merupakan pemain kunci di eranya saat Persib ditukangi Nandar Iskandar. Teman satu angkatannya yaitu, Boyke Adam, Adeng Hudaya, Adjat Sudarajat, Robby Darwis, Suryamin, Ade Mulyono.

Saat menjadi pelatih, Ia berhasil mengantarkan Persib juara ISL 2014 setelah hampir dua dekade Maung Bandung paceklik gelar. (bobotoh.id/HL/berbagai sumber)

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.