ALASAN KESEHATAN, HARGA UDUD HARUS DIMAHALKAN ! CEUK GURU BESAR UI

Rokok bukan hanya merugikan para petani tembakau melainkan juga berdampak buruk pada kesehatan. Para pakar menyebutkan, salah satu intervensi yang dapat menekan jumlah perokok yang terus meningkat di Indonesia adalah menaikkan harga . Hal inipun ditanggapi positif oleh Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Prof Emil Salim. Dalam acara Kaleidoskop Pengendalian Konsumsi : Quo Vadis FCTC di Double Tree Hotel, Jakarta dia mengatakan, kerusakan kesehatan harus dibayar dengan ongkos yang lebih mahal.

“Bila harga rokok naik, maka ini dapat membantu pengembangan kesehatan. Seperti halnya di negara maju yang juga demikian, menaikkan setinggi-tingginya cukai rokok dan menjadikan kesehatan yang utama,” katanya, Senin (21/12/2015).

Ieu rame lur: PT LI : ISL 2016 DIGELAR FEBRUARI ATAU MARET !! KUMAHA LUR ?!

Selain itu, kata dia, kenaikan harga rokok bertujuan untuk menekan jumlah perokok yang terus naik. “Perokok kita sebagian besar nelayan, petani dan sebagainya, itu targetnya supaya tidak merangsang mereka beli rokok,” jelasnya. Meski begitu, Emil mengatakan, hal ini masih menjadi kendala karena pemerintah seperti pro pada industri rokok. “Kalau pemerintah mau, sebenarnya kita bisa saja menaikkan harga rokok. Namun apakah nanti tidak ada perlawanan? Ini masalah yang multifaktor,” pungkasnya.

[socialpoll id=”2316979″]

(Bobotoh.id/RF/Liputan6.com)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.