TERAPI KOLANG-KALING TERNYATA BISA NYEMBUHKEUN NYERI SENDI LURRR !

Indonesia memang di karuniai sumber daya alam yang melimpah. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan sumber daya tersebut untuk berbagai kebutuhan, salah satu panganan yang belum lama ini di eksplor adalah kolang-kaling. Kolang-kaling biasanya kita manfaatkan sebagai campuran pada es buah ternyata memiliki khasiat yang belum banyak orang ketahui. Belum lama ini, lima mahasiswa UB, yakni Raehana Saria Gahari (FTP), Khusnul Khotimah (FTP), Hasia Azizah (FTP), Yuan Laura (FK) dan Indah Rahma Putri (FK) berhasil menemukan manfaat kolang kaling sebagai osteoarthritis, yakni penyakit pada sendi yang sifatnya degeneratif.

Penderita osteoarthritis biasanya non-streoid antiinflammation drugs, aspirin dan berbagai obat analgesik. Sayangnya metode pengobatan tersebut meninggalkan efek samping toksik kepada liver, ginjal, gastrointestinal dan mengganggu metabolisme kartilago. Efek samping yang beragam tersebut menginspirasi mereka untuk melakukan penelitian mengenai pengobatan terapi sendi. Kolang-kaling merupakan biji buah aren dengan komponen dominan berupa karbohidrat (91,9%). Karbohidrat tersebut di dominasi oleh galaktomanan, yakni senyawa polisakarida yang memiliki fungsi analgesik dan anti-inflamasi untuk OA.

Ieu rame lur: MEREKA LAYAK BERMAIN DI LUAR NEGERI !! CEUK PELATIH PERSIB !!

Mereka mengubah kolang-kaling menjadi ekstrak galaktomanan, kemudian diubah menjadi produk pangan nutrasetikal berbentuk minuman jelly rasa nanas yang enak dan menyegarkan. Penelitian tersebut dilakukan dengan metode in vivo, menggunakan tikus percobaan dengan berbagai perlakuan ekstrak galaktomanan dari kolang-kaling. Jika tulang sendi anda nyeri, mungkin terapi kolang kaling ini bisa di coba. Selamat mencoba.

[socialpoll id=”2318733″]

(Bobotoh.id/RF/Liputan6.com)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.