SEJARAH POÉ IEU: PENGHARGAAN PAMAÉN TERBAIK KEDUA KEUR JOHAN CRUYFF !

Hari ini, 42 tahun yang lalu atau tepatnya di musim 1973, pemain legendaris Johan merengkuh tahta pribadi dalam karier sepakbola Eropa-nya, yakni Ballon d’Or. Raihan ini merupakan yang kedua bagi setelah sebelumnya memenangkannya pada periode musim 1971.

Cruyff memulai tahun di mana dia meraih gelar pribadi itu untuk kedua kalinya di musim kesembilannya bersama Ajax. Di akhir musim 1972/73, sang striker mampu melambungkan kubu Amsterdam dengan merengkuh treble, di antaranya Piala Super Eropa, gelar keenam Eredivisie, dan titel ketiga berturut-turut Piala Eropa [sekarang Liga Champions]. Berkat serentet prestasi menakjubkan, Cruyff ditaksir Barcelona dan di musim panas dia pun memutuskan hijrah ke klub Catalan.

Ieu rame lur: PARADE 5 PARA PERENANG WANITA TERSEKSI DI DUNIA ! TENJO DISINI LURRR !

Tak berhenti di level klub. Timnas Belanda yang diperkuat Cruyff lolos untuk tampil di putaran final Piala Dunia 1974, menendang Belgia dari puncak fase grup dengan perbedaan gol. Ada pun anugerah ini semakin melambungkan Cruyff menuju kesuksesan yang lainnya pada 1974. Bersama Barcelona, dia memenangkan gelar La Liga pertama dalam 14 musim dan maestro Belanda ini berkesempatan merasakan final Piala Dunia, mengeliminasi Brasil, Jerman Timur dan Argentina sebelumnya.

Meski Oranje akhirnya takluk dari Jerman Barat di final, Cruyff terpilih menjadi Pemain Terbaik Piala Dunia edisi kala itu dan dia dianggap berhak menyabet Ballon d’Or untuk ketiga kalinya, pemain pertama dalam sejarah yang memenangkan penghargaan tersebut tiga kali.

[socialpoll id=”2320205″]

(Bobotoh.id/RF/Goal.com)

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.