PIKASEURIEUN !! “SAMBALADO” VERSI INGGRIS !!

Ada-ada saja ulah nitizen yang satu ini. Namun tetap memiliki nilai kreatifitas yang cukup tinggi. Perempuan cantik bernama mengubah lirik lagu Ayu Ting Ting yang berjudul ke dalam bahasa . Hasilnya pun lumayan bagus dan tentu lucu.

Diunggang melalui youtube, dengan akun Cindy Thefannie, video tersebut sudah dilihat oleh 25,451 orang. Berbagai macam komentar pun dilayangkan para nitizen.

Ieu Rame Lur : Hayang Kawin Win Win Win Hayang Kawin !! Ucap Pemain Ini !!

“CHILI LADOOOOOO,” ujar Mega Gumilar.

“Mantabb chili ladonya…,” kata Febri Alfiantz.

“Hahahaha… Oh My God! This so superb ? Dude.. you killing it. Chili Lado,” tulis Evi Elinpiani

Apa itu Balado ?!

Balado adalah teknik memasak khas Minangkabau dengan cara menumis cabe giling dengan berbagai rempah, biasanya bawang merah, bawang putih, jeruk nipis. Berbeda dengan sambal lain yang hanya menggunakan cabe giling sebagai pendamping makanan dengan cara dicelup, balado dihidangkan dengan cara diimasak kembali dengan berbagai jenis masakan seperti dendeng, teri, ikan goreng, ayam goreng, bebek goreng, telur rebus, dan tempe goreng. Tindakan menambahkan cabe dan rempah dipercaya membuat makanan bertambah awet.

Cabe yang lazim digunakan adalah cabe keriting merah, walaupun kenyataannya masakan balado dengan cabe hijau juga populer.

Sebenarnya penggunaan kata Balado sendiri digunakan setelah kata benda, Misalnya Ikan Balado (Ikan+Cabe), Gulai Balado, Saur Bayam Balado, Dendeng Balado. Bukan Balado dendeng maupun Balado Ikan. Penggunaan kata Balado sebelum kata benda merupakan penyalahgunaan bahasa sehingga menghilangkan arti sebenarnya dalam bahasa Aslinya Minangkabau (bahasa)

[socialpoll id=”2320238″]

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.