MUSIK 2015

13) Record Store Day 2015 Digelar di 16 kota Indonesia

 

Tiga tahun lalu Indonesia untuk pertama kalinya ikut mengambil bagian dalam sebuah perayaan global Record Store Day yang sudah dimulai sejak 2007 silam di Amerika Serikat. Saat itu Jakarta menjadi satu-satunya kota yang merayakannya, itupun hanya menghadirkan segelintir orang yang datang ke toko Monka Magic di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Tahun ini, kegilaan tersebut telah menjalar lagi ke lebih banyak kota. Setidaknya 16 kota mewadahi semangat orang-orang tersisa di kota mereka yang masih mempercayakan terbaik adalah dalam wujud aslinya. 16 kota yang menggelar Record Store Day adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Lampung, Palu, Makassar, Samarinda, Banjarmasin, Purwokerto, Palembang, Tegal, Semarang, Cirebon, dan Solo.

 

14) Silampukau, Penyegaran yang Ditunggu dari Surabaya

 

Setelah Surabaya jarang terdengar di kancah musik Nusantara beberapa tahun terakhir, Silampukau yang merilis debut folk Dosa, Kota, & Kenangan pada 19 April lalu seperti penyegaran yang telah ditunggu-tunggu. Gitar akustik dipadu ukulele serta dilengkapi karakter vokal yang khas menjadikan debut yang dirilis melalui bendera label Moso’iki Records sulit untuk tidak diputar berulang kali dan menjadi candu.

 

15) Vokalis Lama Mundur untuk Mendalami Agama, Jeruji Memperkenalkan Vokalis Baru

 

Aldonny ‘Themfuck’, vokalis pertama Jeruji sejak pertama kali berdiri pada 1996 resmi mengundurkan diri terhitung pada 6 April lalu. Walau tidak secara resmi diumumkan alasan dibalik mundurnya Themfuck dari band hardcore punk veteran asal Bandung tersebut, namun keputusan Themfuck yang kini lebih fokus mendalami agama memang benar adanya. Selain itu, Themfuck pun kini memiliki usaha kuliner yang ia jalankan di kota Bandung. Pada awal Agustus lalu, Jeruji resmi memperkenalkan vokalis baru mereka, Ginan Koesmayadi, saat tampil di sebuah acara bernama Rebelsoul Resurrection, kawasan Cimahi, Bandung.

 

16) Stars and Rabbit Meluncurkan Album Debut ‘Constellation’

 

Stars and Rabbit, duo folk asal Yogyakarta telah merilis album penuh perdanaConstellation pada Mei lalu. Untuk memperkenalkan album yang pengerjaannya sendiri memakan waktu tiga tahun tersebut, grup yang diisi oleh vokalis Elda Suryani dan gitaris Adi Widodo ini menggelar tur konser mengunjungi tujuh kota di tiga negara Asia: Malang, Bali, Jakarta di Indonesia; Shenzen, Hong Kong, Guangzhou di China; dan Manila di Filipina.

Tenjo oge Lurr.. (MUSIK 2015 Bag.1)

Tenjo oge Lurr.. (MUSIK 2015 Bag.3)

(/BBS/rollingstone)

[socialpoll id=”[socialpoll id=”2320216″]


[socialpoll id=”2317542″]

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.