MUSIK 2015

17) Gitaris Jazz Legendaris Indonesia, Kiboud Maulana, Tutup Usia

 

Boudewijn Maulana – dikenal sebagai Kiboud Maulana – gitaris jazz/blues legendaris Indonesia tutup usia pada 6 Juni 2015. Kakak kandung dari gitaris jazz Ireng Maulana tersebut wafat dalam usia 77 tahun. Bersama Ireng, Kiboud sempat mengisi formasi band instrumental pop Eka Sapta. Selain mereka berdua, tercatat musisi legendaris seperti Bing Slamet, Idris Sardi, Enteng Tanamal, Jopie Item, Benny Mustapha, dan Eddy Tulis pernah menjadi personel grup tersebut.  Bersama Jack Lesmana, Mus Mualim atau Bubi Chen, Maryono dan Benny Mustapha, Kiboud juga pernah ikut serta dalam Berlin Jazz Festival, Jerman, pada 1967 silam.

 

18) Kelompok Penerbang Roket Merilis Album Debut ‘Teriakan Bocah’

 

Trio hard rock asal Jakarta, Kelompok Penerbang Roket (KPR), meluncurkan album debut bertajuk Teriakan Bocah pada 23 Mei 2015. Album yang dirilis oleh label rekaman Berita Angkasa Records tersebut berisi delapan lagu rock berdistorsi tinggi dengan pendekatan dekade ’70-an. KPR juga menggelar pesta rilis album yang diberi tajuk Bising Mengudara di Joglo Beer, Jakarta, dengan menghadirkan Didit Saad, Sabar Degelong, Aksiterror, dan The Dead Catfish sebagai pembuka.

 

19) Polka Wars Merilis Album Debut Bertajuk ‘Axis Mundi’

 

Setelah lebih kurang empat tahun mengumpulkan sensasi, pendengar, dan juga penggemar, kuartet indie rock belia ibu kota yang menamakan diri mereka Polka Wars merilis album perdana bertajuk Axis Mundi pada pertengahan Juni 2015. Unit beranggotakan vokalis sekaligus gitaris Karaeng Adjie, gitaris Billy Saleh, penggebuk drum Giovanni Rahmadeva, dan bassist Xandega Tahajuansya ini pertama merilis album tersebut dalam format box set terbatas (hanya 100 buah) dan hanya membutuhkan dua setengah jam untuk ludes tanpa sisa.

 

20) Album Terbaru Gigi Tanpa Dewa Budjana

 

Gigi telah merilis sebuah album religius yang berjudul Mohon Ampun pada 10 Juni lalu. Album yang berisi lagu-lagu lawas dan aransemen ulang lagu musisi senior ini diluncurkan lewat label Music Factory Indonesia dan perusahaan waralaba KFC Indonesia. Uniknya, perilisan album terbaru Gigi kali ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah terbentuknya band ini, tidak melibatkan gitaris Dewa Budjana. Pria asal Bali tersebut juga tidak hadir dalam sesi jumpa pers peluncuran album Mohon Ampun. Saat proses rekaman yang memakan waktu 10 hari, Denny Chasmala menjadi gitaris yang menggantikan peran Dewa Budjana. “Saat proses rekaman album ini Budjana memang sedang di Amerika mengerjakan album solonya,” jelas Armand saat jumpa pers peluncuran album tersebut. “Kebetulan hari ini dia juga sudah punya jadwal dan kami menghormatinya. Kalau ada Budjana di sini aneh juga karena dia tidak mengisi album ini.”

Tenjo oge Lurr.. (MUSIK 2015 Bag.1)

Tenjo oge Lurr.. (MUSIK 2015 Bag.4)

(Bobotoh.id/BBS/rollingstone)

[socialpoll id=”[socialpoll id=”2320216″]


[socialpoll id=”2317542″]

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.