60% BOBOTOH OPTIMIS ISL BISA DIAYEKEUN DI TAHUN 2016 !!

Operator Indonesia Super League (ISL), PT Liga Indonesia berencana akan kembali menggelar kompetisi tertinggi tanah air pada Februari atau maret 2016. Menurut Sekretaris PT. LI, Tigor Shalom Boboy hal itu bisa terealisasi jika pihak kepolisian memberikan izin penyelenggaraan.

.id melalui akun twitternya @bobotohID mempertanyakan perihal tersebut kepada . “ISL rencananya bakalan digelar Februari atau Maret. Bakalan terlaksana moal tah ?!” tulis @BobotohID.

Ieu Rame Lur : PT. Liga Indonesia : ISL 2016 Digelar Februari atow Maret !!

yang dilakukan sejak beberapa jam lalu itupun membuahkan hasil. Dari 133 voters, sebanyak 60% bobotoh yakin dan menginginkan ISL digelar 2016 nanti. Sedangkan sebanyak 40%nya merasa tidak yakin ISL dapat kembali digelar dalam waktu dekat.

“Berharap we lah susuganan,” tulis ‏@rie_blink menjawab mention @BobotohID.

“Semoga buka sekedar wacana,” tulis akun ‏@agusyuliana94.

Selain dua orang tersebut ada juga bobotoh yang berkomentar dengan nada pesimis. “Aslina mang? Asa kurang yakin ah si eta ge pesea keneh euy,” tulis akun ‏@Evans27_ .

polling isl

Apa itu ISL ?!

Liga Super Indonesia (disingkat LSI, bahasa Inggris: Indonesia Super League (ISL) adalah kompetisi sepak bola antar klub profesional level tertinggi di Liga Indonesia pada tahun 2008 hingga saat ini. LSI diselenggarakan oleh PT Liga Indonesia yang dimiliki oleh PSSI. LSI dikuti 20 tim terbaik yang akan saling bertanding satu putaran penuh kompetisi.

Sistem operasi untuk setiap klub peserta dengan promosi dari dan degradasi ke Divisi Utama. Pada musim 2009–10 AFC menobatkan Liga Super Indonesia adalah liga terbaik peringkat ke-8 se-Asia, dan liga terbaik se-Asia Tenggara. Pada tahun 2011, setelah serangkaian kisruh dan kontroversi penyelenggaraan Liga Primer Indonesia, PSSI kemudian menggantikan LSI dengan Liga Prima Indonesia (IPL). Sebagian klub LSI yang tidak setuju dengan penyelenggaraan IPL kemudian tetap menyelenggarakan Liga Super Indonesia 2011–12.

[socialpoll id=”2318163″]

Ide dari pelaksanaan sistem liga ini telah dikemukakan sejak tahun 2007 sebagai upaya mewujudkan profesionalisme dalam persepak-bolaan nasional. Alasan lainnya adalah karena format Liga Indonesia pada tahun 2007 yang kurang adil, berlangsung secara sistem setengah kompetisi. Sistem ini menyebabkan tingginya tingkat ketegangan pertandingan dan sangat berpotensi memicu kerusuhan. Alasan terakhir adalah karena terlalu banyak tim peserta (36 tim).

LSI pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008. Kompetisi ini dilaksanakan untuk mengikuti persyaratan FIFA yang menyatakan bahwa liga teratas dari suatu negara harus diikuti oleh paling sedikit 18 klub dan setiap klub diharapkan merupakan klub profesional tanpa dibantu dana subsidi Pemerintah APBD. (bobotoh.id/HL/Wikipedia)

Komentar

Helmi M. Permana

Orang Bandung, suka foto, suka bola, & suka musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.