5 HEWAN PALING BERACUN SA-ALAM DUNYA !

Bobotoh.id- Menurut Dr Bryan Fry dari University of Queensland di Brisbane, Australia, salah satu spesies lokal menghasilkan lebih banyak bisa/racun dibanding spesies lainnya. Kata Fry, yang dijuluki “Dokter Racun” karena semangatnya dalam meneliti bisa ular.

 

01

KA HIJI: Ular mulga atau juga dikenal dengan king brown snake adalah spesies yang umum di Australia. Ular ini sering berlindung di bawah tumpukan sampah atau kayu. Untungnya, meski negara ini banyak memiliki ular beracun, kasus gigitan ular cukup jarang terjadi. “Ular mulga bisa melebihi 1,3 gram racun kering hanya dari satu kali penyapihan”.

 

02

KA DUA: Spesies yang disebut kalajengking paling berbahaya di dunia dengan nama dramatis: deathstalker atau pemburu kematian. Arachnid berwarna kuning pucat ini hidup di padang pasir di Timur Tengah. Pada malam hari, dia berburu cacing, kaki seribu, dan hewan tak bertulang belakang lain. Kalajengking akan melumpuhkan mangsanya dengan sengatan berbahaya mereka. Meski tak pernah tumbuh melebihi 11cm, deathstalker memberikan ancaman mematikan. Hasil uji menunjukkan 0,25mg racun deathstalker cukup untuk membunuh tikus seberat 1kg.

 

02a

05

KA TILU: Bekicot laut,  bekicot punya gigi modifikasi yang disebut “radulae” yang tajam, bengkok, dan bolong. Bekicot laut tersebut akan menyasar ikan yang tak sadar, radulae akan menghantarkan campuran racun yang menyerang sistem saraf. Saat ikan lumpuh, bekicot bisa memakannya. Bekicot terus-terusan menghasilkan radulae baru sehingga jarang sekali mereka tak punya gigi pembunuh. Gigi tersebut cukup tajam untuk menembus bahan wetsuit yang bisa menjadi masalah buat penyelam. Cangkang bekicot tersebut memiliki motif yang indah sehingga bisa menarik untuk dilihat, namun juga salah satu spesies yang paling beracun.

 03

KA OPAT:  Spesies asli Afrika sub-Sahara ini sebenarnya berwarna hijau tua: black mamba atau hitam diambil dari warna di bagian dalam mulutnya. Saat terpojok, ular itu akan menunjukkan mulutnya dan berdesis untuk memberi peringatan. Black mamba baru akan menancapkan taringnya ketika diprovokasi lebih jauh. Perilaku inilah yang membuat black mamba punya reputasi mematikan.

 

04

KA LIMA: Ular inland taipan atau sering juga disebut ular menakutkan sering disebut sebagai ular paling berbahaya di dunia jika dilihat dari kekuatan racunnya. Median dosis mematikan bisa ular ini untuk tikus adalah 0,025mg/kg. Ular ini hanya berburu mamalia, maka racunnya bisa memberi efek yang berbahaya buat sistem saraf manusia, termasuk aliran darah, jaringan otot dan organ tubuh. Hidup di daerah terpencil di gurun Australia tengah dan ahli biologi menyebut ular ini sering menyembunyikan diri.

Tenjo oge Lurr.. (HAYYAAH.. AYA KADAL 1,5 METER | WANI LURR…)

(Bobotoh.id/BBS/bbcindonesia)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.