INDONESIA JADI JUARA LOMBA “OVERCLOCK” INTERNATSIONAL | SEEP…

asal Alva Jonathan berhasil mengharumkan nama dalam kompetisioverclocking tingkat dunia. Dalam kejuaraan bertajuk , , , pemilik nicknameLucky_n00b ini berhasil duduk di posisi teratas. Alva berhasil mengalahkan sembilan finalis lainnya yang berasal dari AS, Brasil, Argentina, Polandia, Italia, Afrika Selatan, dan juga peserta lain asal Indonesia.
Menariknya lagi, atas kemenangan ini, Alva menjadi orang Asia pertama yang berhasil memenangkan kompetisi Kingston HOT di AS.  Satu catatan menarik lainnya, Indonesia ternyata berhasil mendominasi peringkat atas kompetisi ini. Wakil Indonesia lainnya, Hazzan, berhasil meraih peringkat ketiga. sendiri upaya meningkatkan performa sebuah sistem agar (jauh) lebih tinggi dibandingkan performa standar.  Caranya adalah dengan memaksa berbagai komponen seperti CPU, kartu grafis (GPU) dan RAM agar frekuensi kerjanya melebihi batas normal. Tantangan terbesar dalam overclocking adalah mempertahankan stabilitas sistem yang dipaksa ngebut itu agar tidak crash dan bisa menyelesaikan software benchmarkyang menjadi tolok ukur.

Berbagai cara dilakukan, mulai dari mengatur voltase hingga mengatur suhu dengan alat-alat ekstrim seperti penyembur api (torch) dan nitrogen cair dengan suhu ratusan derajat celcius di bawah titik nol. Adapaun overclocker adalah sebutan bagi pelaku overclock. Kemenangan tersebut tidak diraih dengan mudah. Alva, sebagaimana Nextren rangkum dari keterangan pers, Selasa (22/12/2015), harus berjibaku hingga babak akhir, sebelum akhirnya meraih poin tertinggi. Kompetisi sendiri berjalan dalam 3 sesi dalam dua hari, di mana Alva baru berhasil menentukan kemenangan di sesi terakhir. Tenjo oge Lurr.. (JEPANG BAKAL BOGA KOMPUTER PALING NGAB’BREET SA ALAM DUNYA | BEUUH..)

Atas prestasinya ini, Alva berhasil memperoleh hadiah uang tunai senilai 7.000 dollar AS atau sekitar Rp 96 juta dan Hazzan mendapat hadiah sebesar 3.000 dollar AS atau sekitar Rp 42 juta. Tidak jauh dari namanya, kompetisi ini diselenggarakan oleh produsen memori Kingston. Babak penyisihan untuk kejuaraan dunia ini dilaksanakan secara online. Dari kejuaraan online ini hanya sedikit overclocker terbaik dari setiap region (Amerika Utara, Amerika Latin, EMEA (Eropa, Timur Tengah, Afrika), dan Asia) yang berhak memperoleh undangan ke final kejuaraan dunia ini. Sesi final kejuaraan ini dilakukan di Fountain Valley, California, Amerika Serikat pada tanggal 16 dan 17 Desember 2015 lalu. (Bobotoh.id/BBS/nextren)

[socialpoll id=”[socialpoll id=”2318782″]”

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.