INTERNET ANJEUN LEMOT ? IEU PERINGKAT INTERNET INDONESIA DI DUNIA !


Bobotoh.id – ITU merupakan badan khusus bentukan Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) di bidang informasi dan komunikasi (TIK). Tiga area (sektor) utama yang menjadi fokus perhatian dari ITU adalah radiokomunikasi, standardisasi, dan pengembangan.

Ieu rame lur: SAMBUT POÉ ANTI KORUPSI, 720 HACKER NGE-HACK BERANTAS KORUPTOR !

Dalam laporannya, ITU mengungkap ICT Development Index (IDI, Indeks Pembangunan TIK) yang didasarkan pada beberapa aspek, yaitu kecepatan internet (bandwidth, yang diukur dalam bit per detik), volume langganan internet tetap per 100 orang, persentase rumah tangga dengan komputer, serta persentase rumah tangga dengan internet, yang memberikan skor dalam skala 10 kepada negara yang bersangkutan.

Di kawasan Asia Pasifik, Indonesia menempati posisi ke 18 dari total 32 negara. Sementara secara global, Indonesia bertengger di peringkat ke 108, dari 167 negara yang dilibatkan. Artinya, sejak 2010 lalu, Indonesia hanya naik satu peringkat, yang pada saat itu duduk di tempat ke 109.

Adapun skor yang dikantongi Indonesia adalah 3.94 dari skala 10. Skor tersebut, mengalami peningkatan dari tahun 2010 yang hanya sebesar 3.11.

Dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya, Indonesia masih berada di bawah Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Sementara jika head to headdengan Kamboja dan Myanmar, Indonesia masih dua kali jauh lebih unggul lantaran kedua negara tersebut hanya mampu mengumpulkan skor masing-masing sebesar 2.74 dan 2.27.


Bobotoh.id/RF/Liputan6.com

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.