MONUMEN KEMATIAN IEU KEUR NGENANG 180 BURUH TEWAS YANG SIA SIA !

Bobotoh.id- Sebuah rancangan konseptual monumen kematian, Qatar World Cup Memorial Tower telah lahir. Konsep tersebut didesain sebagai kritik pedas meningkatnya jumlah buruh bangunan yang tewas akibat pekerjaan konstruksi stadion dan infrastruktur untuk perhelatan Piala Dunia 2022. Berangkat dari keprihatian atas nasib buruh bangunan antarbangsa yang tewas sia-sia, 1Week1Project merancang monumen kematian tersebut. Selain jumlah kematian yang meningkat sebanyak 180 orang sejak awal 2014, 1Week1Project juga mendedikasikan konsep monumen ini untuk pekerja konstruksi yang mengalami pelecehan.

Berdasarkan laporan Amnesty International, sebagian buruh yang tewas dan mengalami pelecehan, berasal dari Nepal dan India. Ada pun Qatar World Cup Memorial Tower, terbuat dari tumpukan modul beton yang merepresentasikan jumlah kematian. Setiap blok beton menggambarkan seorang pekerja yang tewas.

Jika kondisi tenaga kerja tidak membaik dan jumlah kematian meningkat, ketinggian menara akan terus mengangkasa. Angka proyeksi saat ini menunjukkan, jumlah kematian bisa mencapai 4.000 orang yang berasal dari 2.022 pertandingan. Jumlah kematian tersebut akan semakin mengerek Qatar World Cup Memorial Tower menuju ketinggian hingga 1,5 kilometer. Tenjo oge Lurr.. ( 2022, QATAR GANDENG ARSITEK NEGERI KIWI)

Bukan kali ini saja perhelatan akbar sepakbola sejagat raya Piala Dunia Qatar 2022 mengundang kontroversi. Sebelumnya, stadion utama yang bakal digunakan sebagai venue pembuka karya Zaha Hadid dikritik sejumlah kalangan karena teleh menelan korban. Padahal pembangunan belum lagi dimulai! (Bobotoh.id/BBS/kompas)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.