MUSIK 2015

29) Bandung Blasting Euro Tour 2015: Burgerkill & Jasad

 

Salah satu peristiwa paling menggembirakan di musik Indonesia tahun ini datang dari kancah musik bawah tanah Bandung. Burgerkill dan Jasad melakukan tur konser Eropa dengan membawa bendera Bandung Blasting Euro Tour 2015. Awal mula tur Eropa ini dibuka oleh Jasad yang tampil di Obscene Extreme 2015, Ceko, pada 11 Juli. Lalu Burgerkill menggempur ‘tanah suci’ parametalhead di Wacken Open Air 2015, Jerman, pada 31 Juli. Tur ini dilanjutkan oleh kedua band yang sama-sama tampil di Bloodstock Open Air 2015, Inggris, pada 8 Agustus. Cerita keberhasilan tur Burgerkill dan Jasad di Eropa ini menjadi nominasi di Global Metal Apocalypse Awards 2015 untuk kategoriNews Event of the Year.

 

30) Superman is Dead Rilis Biografi ‘RASIS! PENGKHIANAT! MISKIN MORAL!’

 

“SID pernah dituduh menjadi band rasisme, dituduh menjadi pengkhianat, dan dituduh menjadi pendosa,” ucap Rudolf Dethu (eks-manajer Superman is Dead) kepada Rolling Stone mengenai kisah dibalik biografi Superman is Dead ini yang ia tulis. RASIS! PENGKHIANAT! MISKIN MORAL! pun dirilis pada akhir Agustus lalu di sebuah kapal pesiar yang diberi tajuk acara “Punk Rock Boat – Let’s Sail ‘n Read!”. Rudolf mengaku bahwa biografi ini merupakan buku pertama Superman is Dead serta akan disusul dengan sekuel yang konsepnya menekankan bagian lain dari cerita Superman is Dead.

 

31) Setelah Tujuh Tahun, Sore Merilis Album ‘Los Skut Leboys’

 

Setelah tujuh tahun sejak album Ports of Lima, kuartet Indonesiana, Sore, akhirnya merilis album studio ketiga mereka yang diberi judul Los Skut Leboys. Album yang rilis pada 3 September lalu ini merupakan album pertama Sore tanpa keterlibatan pemain keyboard Mondo Gascaro yang mundur dari band pada 2012 silam. Dengan merilis dalam edisi terbatas juga reguler, proses pembuatan Los Skut Leboys melibatkan musisi-musisi independen seperti Billy Saleh dari Polka Wars, Aji Gergaji dari The Milo hingga Ricky Surya Virgana dan John David dari White Shoes and the Couples Company.

32) Soundrenaline 2015 yang Kian Matang

 

Salah satu festival musik terbesar di Indonesia, Soundrenaline, kembali hadir di 2015 ini. Diselenggarakan selama dua hari pada awal September kemarin, Soundrenaline edisi tiga belas bertempat di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Di tahun ini, tercatat terdapat enam puluh musisi tamu yang tampil di tiga panggung berbeda. Mereka diantaranya adalah Wolfmother, Slank, Superman is Dead, Mocca, White Shoes and the Couples Company, Dewa19, Shaggydog, Dipha Barus hingga DJ Yasmin. Meski konsep sedikit mengulang, kemasan Soundrenaline 2015 lebih matang.

Tenjo oge Lurr.. (MUSIK 2015 Bag.1)

Tenjo oge Lurr..  (MUSIK 2015 Bag.7)

(.id/BBS/rollingstone)

[socialpoll id=”[socialpoll id=”2320216″]


[socialpoll id=”2317542″]

Komentar

Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.