MILAN KOTA MODE JADI KOTA SMOG | NAUN TAH!

Di balik keindahan setiap sudutnya, ternyata kota Milan, Italia menyimpan masalah serius. Kota ini didera polusi atau kabut cukup parah yang mengharuskan otoritas berwenang membatasi peredaran kendaraan bermotor. Peraturan tegas ini diberlakukan selama tiga hari, terhitung tanggal 28 – 30 Desember 2015. Selama peraturan anti-smog diberlakukan, motor dan mobil tidak boleh beroperasi sejak pukul sepuluh pagi sampai empat sore.

Sebagai kompensasinya, pemerintah kota Milan memberi diskon tarif transportasi umum bagi warganya, tulis laman Car and Driver hari ini, Senin (28/12). Menurut BBC, Milan pernah tercatat sebagai kota dengan polusi paling parah di Eropa pada tahun 2008. Semenjak itu, Milan telah beberapa kali melakukan pembatasan beroperasi kendaraan bermotor. Bukan cuma di Milan, peraturan ini juga diterapkan di  Roma.

Bahkan, dua kota di Spanyol, Madrid dan Barcelona diberitakan juga melakukan langkah dengan tujuan yang sama. Barcelona membatasi laju kendaraan hanya di 90 km perjam mulai minggu lalu. Sedangkan Madrid membersihkan tengah kotanya dari kendaraan yang parkir terhitung November kemarin. Tenjo oge Lurr.. (BAKATING KU PARAH POLUSINA, LANGIT DI CHINA BERWARNA MERAH | BEUUUH…)

Peraturan-peraturan tersebut merupakan respon terhadap makin parahnya smog atau kabut asap. BBCmenulis, smog adalah tipe polusi yang membawa partikel halus dengan diameter hanya sekitar 2,5 mikron, jauh lebih kecil dari diameter sehelai rambut. Bahayanya, bisa menimbulkan kerusakan paru-paru dan menyakit pernafasan. (Bobotoh.id/BBS/thegaspol.com)

[socialpoll id=”[socialpoll id=”2319838″]


 

[socialpoll id=”2317542″]

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.