PERPUSTAKAAN SIGA ARENA BERMAIN? | DIMANA CIIIK….

Bobotoh.id- Sebuah pusat komunitas di Desa Shuanghe, Provinsi Yunnan, China, ramai dengan anak-anak berlalu lalang. Beberapa di antaranya tampak berlarian, kemudian meluncur dari atap kayu sebuah bangunan. Tidak ada tanda-tanda kesedihan maupun tragedi yang pernah terjadi di daerah tersebut. Bangunan tempat anak-anak ini bermain pun rupanya bukan bangunan sembarangan. Itulah The Pinch, perpustakaan dan pusat komunitas setempat yang dirancang oleh desainer John Lin dan Olivier Ottevaere.

 

02

 

“Desa-desa di China umumnya memprioritaskan bangunan rumah di atas ruang dan program komunitas. Meski penting untuk kehidupan pedesaan,” ujar Lin. Untuk itu, Lin dan Ottevaere dari University of Hongkong menjadi “suplemen” bagi pemerintah dan menyediakan The Pinch di sebuah daerah yang terletak di barat daya China. Tidak hanya mendesain, universitas pun menjadi sponsor penyediaan biaya. Menariknya, proyek ini  mendorong kolaborasi antara universitas dan pabrik kayu setempat. Jadi, ada usaha lokal pula yang dirangsang oleh pusat. Tenjo oge Lurr.. (Jujur Pisan, 61 Tahun Lupa Kembalikan Buku, Pria Ini Didenda Rp. 89 Juta)

 

124303009-PERPUSTAKAAN780x390

 

“Meski pemerintah menyediakan ruang terbuka bagi rekonstruksi, kami ingin membantu mengenalkan program yang bisa aktif di situs tersebut. Dengan menambahkan perpustakaan, kami menciptakan fasilitas penting publik dan komunal di desa,” jelas Lim. (Bobotoh.id/BBS/kompas)

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.