SEJARAH POÉ IEU: DEBUT ERIC CANTONA DI EMYU !


Bobotoh.id – Legenda Manchester United Eric mencatatkan penampilan perdananya untuk tim Setan Merah hari ini 23 tahun silam dalam kemenangan 2-1 atas Manchester City di Old Trafford. Yang bersangkutan kemudian menjelma menjadi salah satu aset penting Sir Alex Ferguson sampai-sampai suporter menjulukinya dengan sebutan ‘King Eric’.

Ieu rame lur: UWOW ! KONTRAK ANYAR ANDIK DI SELANGOR SETARA HARGA 2 PAMAÉN ASING DI INDONESIA !

Cantona, yang waktu itu berusia 26 tahun, didatangkan Sir Alex dari Leeds United 10 hari sebelumnya lantaran ia membutuhkan penyerang anyar. Nama-nama potensial seperti Alan Shearer (Southampton) dan David Hirst (Sheffield Wednesday) sejatinya sempat masuk dalam bidikan, namun kandas di tengah jalan.

Ketika United masih mencari penyerang anyar, managing director Leeds Bill Fotherby tiba-tiba menelepon chairman United Martin Edwards dengan maksud ingin memboyong Denis Irwin. Entah kebetulan atau tidak, Ferguson sedang berada satu ruangan dengan Edwards. Keduanya bersepakat untuk tidak menjual Irwin, namun Ferguson juga menanyakan Fotherby terkait ketersediaan Cantona.

Negosiasi pun berjalan. Setelah Fotherby berkonsultasi dengan manajer Leeds kala itu Howard Wilkinson, transfer sekitar £1,2 juta akhirnya disepakati. Cantona resmi jadi milik United per 26 November 1992.

Pemain asal Prancis itu tampil untuk pertama kalinya dalam balutan seragam merah United dalam sebuah laga persahabatan melawan Benfica untuk merayakan ulang tahun Eusebio ke-50, di mana ia mengenakan nomor punggung 10. Ia lantas baru benar-benar tampil secara kompetitif saat United meladeni City di Theatre of Dreams, dengan ia tampil sebagai pemain pengganti untuk Ryan Giggs di babak kedua dan tidak banyak berkontribusi.

Di pertandingan yang dihadiri oleh kurang lebih 35 ribu pasang mata tersebut, United arahan Sir Alex berhasil mengamankan kemenangan lewat gol-gol yang dicetak Paul Ince (20’) dan Mark Hughes (73’), selagi City hanya bisa membalas lewat penyerang jangkung Niall Quinn (74’).

Meski Cantona tidak banyak beperan di laga debut kompetitifnya, namun kemudian ia mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan mengubah peruntungan United. Di musim perdananya, 1992/93, yang mana menjadi debut era Liga Primer Inggris, United berhasil menjadi juara untuk pertama kali sejak 1967.

Secara keseluruhan, selama lima musim membela Setan Merah, Cantona berkontribusi dalam membantu armada Ferguson meraih empat titel EPL, empat Piala FA, dan tiga Charity Shields. 82 gol dari 185 laga di semua ajang menjadi bukti sahih kehebatan Cantona berseragam Red Devils.

Meski demikian, dampak Cantona bukan hanya diukur dari jumlah statistik dan banyaknya trofi tersebut. Lebih dari itu, King Eric adalah sosok kunci yang mampu mengubah nasib klub. Berkat Cantona, United yang tadinya adalah klub biasa-biasa saja mampu bertransformasi menjadi sebuah klub raksasa yang atraktif dan modern.


Bobotoh.id/RF/Goal.com

Komentar

Reno Firhad Rinaldi

Author #21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.