STADION PILDUN 2022, QATAR GANDENG ARSITEK NEGERI KIWI

Bobotoh.id- Dua firma arsitektur asal Selandia Baru dipilih untuk menjadi mitra kerjasama pemerintah Qatar dalam pembangunan stadion yang akan menjadi venue utama di Piala Dunia 2022. Mereka adalah Chriss Glasson Landscape Architects dan Thom Craig Architecs, yang sama-sama berasal dari Christchurch. Keduanya akan berkolaborasi dalam proyek pembangunan stadion bernilai miliaran dollar AS, di Al Khor, 50 kilometer utara Doha. Glasson dan Craig memulai kerjasama 12 tahun lalu. Proyek mereka tersebar di China, Mesir, dan wilayah lainnya di Timur Tengah. Keduanya juga memiliki pengalaman di Malaysia.

Perusahaan patungan mereka, Polis Group tengah memulai fase menggambar dan konstruksi desain Stadion Al Bayt yang akan memiliki pondasi setinggi delapan meter. Glasson mengatakan, stadion dibangun di atas “podium” yang mereplikasikan gundukan tanah di gurun dengan dataran tinggi membentuk oase di tengahnya. Lanskap stadion dan eksterior bangunannya terinspirasi “abstraksi Gurun Arab.” Plaza stadion mengambil lokasi di dataran tinggi sekitar taman. Tenjo oge Lurr.. (DIGUYUR HUJAN, STADION DI INGGRIS IEU JADI JIGA CITARUM !)

Stadion dengan total luas area lebih dari 200 hektar itu dilengkapi restoran-restoran, kafe, dan kios informasi. (Bobotoh.id/BBS/kompas)

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.